Kompas.com - 16/01/2022, 19:42 WIB
|

KOMPAS.com - Sejumlah selebritas di Indonesia yang mengadopsi spirit doll atau boneka arwah akhir-akhir ini menjadi perbincangan menarik bagi masyarakat.

Bahkan beberapa selebritas memperlakukan boneka arwah layaknya anak sungguhan dengan diberi pakaian bagus hingga aksesoris mewah.

Fenomena ini makin disoroti masyarakat karena beberapa artis yang memiliki spirit doll sering mengunggah di akun media sosial (medsos) mereka.

Sebut saja Ivan Gunawan yang sempat memiliki dua boneka yang dianggap anak sendiri. Namun kini Ivan Gunawan menghibahkan dua boneka tersebut karena terus mendapatkan komentar dari netizen.

Baca juga: Investigasi Kasus, Satgas PPKS Unesa Libatkan Para Ahli

Gangguan mental bisa terjadi pada siapapun

Dilihat dari perspektif kesehatan jiwa, Dosen Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) Uswatun Hasanah memberikan pendapatnya.

Dia mengatakan, tidak ada yang salah jika seseorang memiliki hobi bermain atau mengoleksi boneka.

Karena hampir semua orang melalui masa kecilnya dengan bermain boneka.

Uswatun menekankan, sesuai yang ia pelajari bahwa risiko gangguan mental tidak dipungkiri dapat dialami oleh siapapun.

"Namun kita perlu mengidentifikasi lebih dulu latar belakang para pemilik mengadopsi spirit doll tersebut," ujar Uswatun Hasanah seperti dikutip dari laman UM Surabaya, Minggu (16/1/2022).

Baca juga: Ikut SBMPTN 2022? Cek Kampus dan Prodi Saintek-Soshum Paling Diminati

Tidak dijadikan untuk menggantikan peran orang hidup

Dia menerangkan, jika untuk koleksi saja tentu tidak masalah. Namun jika adopsi dilakukan dengan tujuan khusus menjadi teman bicara atau mengganti peran orang hidup di sekitarnya tentu perlu diwaspadai karena mengarah pada risiko gangguan kesehatan jiwa.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.