Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memelihara Kucing bagi Pemula dari Akademisi IPB

Kompas.com - 16/01/2022, 21:21 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Setiap orang pasti ada yang suka memelihara hewan kesayangan. Misalnya saja kucing. Hal ini tentu dapat menjadi hobi yang dapat mengurangi stres.

Tetapi, memelihara kucing tak bisa asal-asalan atau sembarangan. Perlu pengetahuan tentang cara memelihara kucing dengan baik dan benar.

Terkait hal itu, drh. Tetty Barunawati Siagian dari Program Studi Paramedik Veteriner, Sekolah Vokasi IPB University membagikan tips memelihara kucing bagi para pemula.

Baca juga: Cara Mencegah Flu pada Anak dari Stikes Panti Kosala

Tips merawat kucing

Melansir laman IPB University, ini tips memelihara kucing bagi pemula:

1. Lakukan medical check up

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk membawa kucing tinggal bersama adalah melakukan medical check up.

Tindakan tersebut dapat mencegah penularan penyakit zoonosis (penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia dan sebaliknya) seperti scabiosis, helminthiasis dan lainnya.

2. Pilih nutrisi sesuai kebutuhan

Hal ini akan sangat berpengaruh pada kesehatan, angka harapan hidup, dan kesejahteraan kucing. Nutrisi yang dibutuhkan seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, antioksidan, serta taurine untuk jantung dan penglihatannya.

3. Tempat makan dan minum bersih

Sediakan tempat makan dan minum yang mudah dibersihkan serta tidak menyerap bau seperti stainless steel. Sebaiknya sediakan lebih dari satu mangkuk dan tempatkan di lokasi yang mudah dijangkau kucing.

Baca juga: Stikes Panti Kosala: Ini Cara Minum Air Putih 8 Gelas Tiap Harinya

Untuk menjaga kesehatan kucing, maka mangkuk air minum sebaiknya dibersihkan setiap hari.

4. Pilih pasir berkualitas

Coba pilih pasir yang berkualitas baik yaitu pasir yang mudah mengumpal, mudah dibersihkan dan wangi. Ajari kucing untuk membuang kotorannya pada litter box yang telah disediakan.

"Satu box litter diperuntukkan untuk satu ekor kucing," paparnya.

5. Kebersihan tubuh kucing

Berkaitan dengan kebersihan tubuh kucing. Kucing sekurang-kurangnya dimandikan dan dipotong kukunya dua pekan sekali. Tidak lupa juga untuk menyikat gigi, menyisir bulu, membersihkan mata dan telinga kucing.

Meski dapat membersihkan rambutnya sendiri, namun rambut kucing perlu disisir. Hal tersebut membantu menghilangkan rambut mati, kotoran, serta mencegah terjadinya hairball pada kucing.

Baca juga: 10 Tanaman Herbal Peningkat Imun ala Stikes Panti Kosala

6. Tips merawat kucing: kandang ideal

Sediakan kandang yang ideal untuk kucing agar leluasa untuk bergerak, nyaman, serta terhindar dari panas matahari. Pemilik dapat menyediakan alas tidur kucing berupa kain atau bantalan khusus.

Selain itu dapat disediakan juga tempat untuk kucing bermain dan bersosialisasi dengan sesamanya jika terdapat lebih dari satu kucing.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com