Kompas.com - 16/01/2022, 21:21 WIB
|

KOMPAS.com - Setiap orang pasti ada yang suka memelihara hewan kesayangan. Misalnya saja kucing. Hal ini tentu dapat menjadi hobi yang dapat mengurangi stres.

Tetapi, memelihara kucing tak bisa asal-asalan atau sembarangan. Perlu pengetahuan tentang cara memelihara kucing dengan baik dan benar.

Terkait hal itu, drh. Tetty Barunawati Siagian dari Program Studi Paramedik Veteriner, Sekolah Vokasi IPB University membagikan tips memelihara kucing bagi para pemula.

Baca juga: Cara Mencegah Flu pada Anak dari Stikes Panti Kosala

Tips merawat kucing

Melansir laman IPB University, ini tips memelihara kucing bagi pemula:

1. Lakukan medical check up

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk membawa kucing tinggal bersama adalah melakukan medical check up.

Tindakan tersebut dapat mencegah penularan penyakit zoonosis (penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia dan sebaliknya) seperti scabiosis, helminthiasis dan lainnya.

2. Pilih nutrisi sesuai kebutuhan

Hal ini akan sangat berpengaruh pada kesehatan, angka harapan hidup, dan kesejahteraan kucing. Nutrisi yang dibutuhkan seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, antioksidan, serta taurine untuk jantung dan penglihatannya.

3. Tempat makan dan minum bersih

Sediakan tempat makan dan minum yang mudah dibersihkan serta tidak menyerap bau seperti stainless steel. Sebaiknya sediakan lebih dari satu mangkuk dan tempatkan di lokasi yang mudah dijangkau kucing.

Baca juga: Stikes Panti Kosala: Ini Cara Minum Air Putih 8 Gelas Tiap Harinya

Untuk menjaga kesehatan kucing, maka mangkuk air minum sebaiknya dibersihkan setiap hari.

4. Pilih pasir berkualitas

Coba pilih pasir yang berkualitas baik yaitu pasir yang mudah mengumpal, mudah dibersihkan dan wangi. Ajari kucing untuk membuang kotorannya pada litter box yang telah disediakan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.