Kompas.com - 20/01/2022, 13:53 WIB

KOMPAS.com - Mendekati penerimaan mahasiswa baru di jenjang perguruan tinggi, siswa kelas 12 harus banyak mencari tahu tentang jurusan kuliah.

Bagi kamu yang berencana ikut SNMPTN dan SBMPTN 2022, menentukan jurusan kuliah menjadi hal krusial yang wajib dipikirkan.

Kamu wajib mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih jurusan kuliah. Seperti mengetahui minat dan bakat hingga prospek kerja jurusan yang akan dipilih.

Di masa yang akan datang, ada beberapa jurusan yang lulusannya akan selalu dibutuhkan lho. Merangkum dari laman Ruang Guru, Kamis (20/1/2022), ada 15 jurusan yang lulusannya akan selalu dibutuhkan di masa depan. Yuk simak bersama informasi berikut ini.

Baca juga: Dua Dosen IPB Masuk dalam Top 100 Ilmuwan Indonesia

1. Psikologi

Hingga saat ini jurusan Psikologi masih jadi favorit bagi pendaftar SNMPTN, SBMPTN, maupun Seleksi Mandiri. Ilmu psikologi mempelajari tingkah laku manusia serta gangguan kesehatan mental yang dialami. Di masa yang akan datang, lulusan dari jurusan Psikologi akan selalu dibutuhkan di dunia kerja.

2. Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat

Tidak perlu diragukan lagi, lulusan Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat akan sangat dibutuhkan di masa datang. Tenaga ahli di bidang kesehatan bisa membantu menangani penyakit yang diderita manusia. Bahkan adanya pandemi Covid-19, tenaga mereka diharapkan bisa menyelesaikan pandemi ini dan mencegah datangnya pandemi lain di masa depan.

3. Keperawatan

Tak jauh beda dengan lulusan Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat, profesi perawat tentunya masih akan dibutuhkan di masa yang akan datang.

Baca juga: Simak 4 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat dari Ditjen Dikti

4. Farmasi

Dalam beberapa tahun terakhir, dunia farmasi dan kesehatan menjadi industri yang sangat penting. Tak heran jika lulusannya pun semakin dibutuhkan. Bidang farmasi tidak terbatas hanya pada obat-obatan saja tetapi juga industri kosmetik.

5. Matematika

Sejak tahun 2020, telah terjadi kenaikan permintaan profesional di bidang matematika dan diperkirakan akan terus meningkat di masa yang akan datang. Jika kamu suka pelajaran Matematika, jurusan ini bisa kamu pertimbangkan lho.

6. Statistika

Lulusan ini banyak dicari oleh perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan. Bisa dibilang Statistika adalah jurusan yang diperlukan di semua sektor.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.