Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2022, 16:29 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Dalam proses rekrutmen kerja tentu tak lepas dari surat lamaran kerja yang menyertakan curriculum vitae (CV). Ini menjadi hal penting bagi pelamar kerja di tahap awal.

CV menjadi salah satu dokumen penting untuk melamar kerja. Bahkan beberapa perusahaan terkadang hanya membutuhkan contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris saja dibandingkan dokumen pendukung lainnya.

Namun secara umum, ada dua jenis CV yang sering digunakan yakni CV lamaran kerja bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Biasanya ada pelamar yang menyertakan keduanya untuk berjaga-jaga.

Baca juga: 3 Cara Mengajukan Pertanyaan Saat Interview bagi Fresh Graduate

Bagi para fresh graduate (lulusan baru) yang jago Bahasa Inggris, maka tak salah jika melampirkan CV dalam bahasa Inggris. Tapi, bagaimana membuat CV bahasa Inggris yang baik?

Cara membuat CV bahasa Inggris

Melansir laman kitalulus.com, ini cara membuat CV bahasa Inggris yang baik:

1. Perhatikan Grammar

Dalam bahasa Inggris, terdapat tiga pola kalimat grammar yang digunakan, yaitu past tense, present tense, dan future tense. Terutama dalam menulis contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris, kamu harus menggunakan grammar yang tepat.

Saat menulis contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris, past tense digunakan untuk menjelaskan pekerjaanmu yang lama atau yang sudah selesai. Sedangkan present tense digunakan untuk menjelaskan pekerjaan atau kegiatanmu saat ini.

Nah, agar contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris kamu lebih menarik, kamu bisa mengganti kata subjek seperti I dan you menjadi my atau mine, hers atau his. Jika kamu masih ragu, saat ini ada banyak tools gratis yang bisa digunakan untuk mengecek grammar.

2. Perhatikan penggunaan ejaan dan tanda baca

Selanjutnya cara membuat CV bahasa Inggris ialah dengan memperhatikan penggunaan ejaan dan tanda baca. Umumnya, cara menulis bahasa Inggris tidak begitu berbeda jauh dengan ejaan dan tanda baca.

Jika kamu masih merasa ragu dalam menulis contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris, kamu bisa mengecek ejaan di kamus atau meminta bantuan temanmu untuk melakukan proofread.

Baca juga: Fresh Graduate, Ini Cara Kirim Email Lamaran Kerja Pasti Dilirik HRD

Pastikan kamu membaca ulang atau melakukan double check pada ejaan dan tanda baca yang kamu gunakan dalam contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris, terutama typo. Tentu kamu tidak ingin rekruter melihat kesalahan yang kamu buat.

3. Penggunaan layout dan struktur

Sat ini banyak calon pelamar yang menggunakan CV kreatif untuk melamar kerja. Namun bukan berarti kamu tidak memperhatikan tata letak dan struktur dari contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris kamu.

Hal ini tentunya akan berpengaruh pada penilaian rekruter. Jika kamu memberikan contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris dengan layout yang berantakan, bisa-bisa CV kamu tidak dilirik sama sekali oleh rekruter.

Perhatikan penggunaan format dan ukuran huruf. Pastikan tidak ada yang berdekatan dan mudah dibaca. Dan pastikan kamu memberikan penjelasan yang singkat dan padat dalam contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris kamu.

Baca juga: Lowongan Kerja RSUD Tarakan Jakarta bagi Lulusan D3/S1

4. Cantumkan data diri dan skill

Lalu, cantumkan data diri dan skill. Namun bukan berarti kamu bisa mencantumkan semua hal tentang diri kamu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com