Kompas.com - 20/01/2022, 16:29 WIB
|

KOMPAS.com - Dalam proses rekrutmen kerja tentu tak lepas dari surat lamaran kerja yang menyertakan curriculum vitae (CV). Ini menjadi hal penting bagi pelamar kerja di tahap awal.

CV menjadi salah satu dokumen penting untuk melamar kerja. Bahkan beberapa perusahaan terkadang hanya membutuhkan contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris saja dibandingkan dokumen pendukung lainnya.

Namun secara umum, ada dua jenis CV yang sering digunakan yakni CV lamaran kerja bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Biasanya ada pelamar yang menyertakan keduanya untuk berjaga-jaga.

Baca juga: 3 Cara Mengajukan Pertanyaan Saat Interview bagi Fresh Graduate

Bagi para fresh graduate (lulusan baru) yang jago Bahasa Inggris, maka tak salah jika melampirkan CV dalam bahasa Inggris. Tapi, bagaimana membuat CV bahasa Inggris yang baik?

Cara membuat CV bahasa Inggris

Melansir laman kitalulus.com, ini cara membuat CV bahasa Inggris yang baik:

1. Perhatikan Grammar

Dalam bahasa Inggris, terdapat tiga pola kalimat grammar yang digunakan, yaitu past tense, present tense, dan future tense. Terutama dalam menulis contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris, kamu harus menggunakan grammar yang tepat.

Saat menulis contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris, past tense digunakan untuk menjelaskan pekerjaanmu yang lama atau yang sudah selesai. Sedangkan present tense digunakan untuk menjelaskan pekerjaan atau kegiatanmu saat ini.

Nah, agar contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris kamu lebih menarik, kamu bisa mengganti kata subjek seperti I dan you menjadi my atau mine, hers atau his. Jika kamu masih ragu, saat ini ada banyak tools gratis yang bisa digunakan untuk mengecek grammar.

2. Perhatikan penggunaan ejaan dan tanda baca

Selanjutnya cara membuat CV bahasa Inggris ialah dengan memperhatikan penggunaan ejaan dan tanda baca. Umumnya, cara menulis bahasa Inggris tidak begitu berbeda jauh dengan ejaan dan tanda baca.

Jika kamu masih merasa ragu dalam menulis contoh CV lamaran kerja bahasa Inggris, kamu bisa mengecek ejaan di kamus atau meminta bantuan temanmu untuk melakukan proofread.

Baca juga: Fresh Graduate, Ini Cara Kirim Email Lamaran Kerja Pasti Dilirik HRD

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.