Kompas.com - 20/01/2022, 15:29 WIB
|

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini menjadikan semua kegiatan tak sebebas dahulu. Hanya saja, semua orang harus tetap beraktivitas seperti biasa.

Seperti halnya dalam bekerja, ada yang bekerja di kantor ada pula yang bekerja dari rumah. Bekerja bisa juga menjadi wirausaha.

Bagi siswa sekolah, apa itu kewirausahaan atau entrepreneurship? Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Selasa (18/1/2022), ini penjelasannya.

Baca juga: Siswa, Ini Kehidupan Politik dan Raja Kerajaan Kutai

Kewirausahaan adalah proses pembentukan suatu bisnis baru yang berorientasi pada keuntungan, penciptaan nilai, dan pembentukan produk-jasa baru yang unik dan inovatif.

Bisa pula, kewirausahaan atau entrepreneurship adalah proses memanfaatkan peluang untuk menciptakan produk-jasa yang baik dengan mengedepankan kreativitas dan keberanian.

Cara berwirausaha saat pandemi

Tetapi karena pandemi ini, tidak sedikit wirausahawan yang usahanya gulung tikar akibat tidak bisa bertahan di tengah kondisi pandemi. Lantas, seperti apa cara berwirausaha saat pandemi agar bisa bertahan?

Mau keluar dari zona nyaman

Di dalam hidup ini tidak ada hal yang pasti. Selalu ada risiko-risiko yang mengintip dari kejauhan. Berada di zona nyaman sebenarnya bukanlah meniadakan risiko, justru menumpuk risiko.

Oleh karena itu, cobalah untuk keluar dari zona nyaman agar bisa melihat peluang-peluang lainnya.

Baca juga: 4 Tips Bermedia Sosial dan Berinternet yang Bijak bagi Siswa

Harus berani berubah dan berani mengubah

Adapun perubahan itu kebanyakan diciptakan oleh orang-orang yang menyukai tantangan. Siapa yang bisa melewati masa sulit, akan menjadi pemenang pada situasi normal.

Seorang wirausahawan tidak hanya berani untuk berubah, akan tetapi juga berani untuk mengubah sebuah hal menuju ke arah yang lebih baik lagi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.