Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/01/2022, 17:57 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi para lulusan baru (fresh graduate) dan sedang mencari pekerjaan, maka harus mencari perusahaan yang terbaik. Terlebih lagi demi masa depan yang cerah.

Secara khusus lulusan Jurusan Akuntansi tentu ingin bekerja sesuai dengan jurusannya. Harapannya nanti bisa menjadi staff accounting di salah satu perusahaan ternama.

Tapi, apakah para fresh graduate sudah paham seperti apa tugas dari staf akuntansi itu? Seorang staff accounting akan bertanggung jawab untuk menjaga kondisi keuangan perusahaan dengan cara mengelola keuangan dengan tepat.

Baca juga: Fresh Graduate Perhatikan Ya, Ini Cara Membuat CV Bahasa Inggris

Tugas staff accounting

Melansir laman kitalulus.com, ini 10 tugas staff accounting:

1. Membuat pembukuan keuangan kantor

Tugas seorang staff accounting adalah membuat pembukuan keuangan kantor. Untuk membuat pembukuan sendiri ada berbagai formatnya, namun biasanya perusahaan sudah menyiapkan standar pembukuan laporan akuntansi lengkap dengan kebutuhan perusahaan.

2. Membuat pembukuan dari transaksi keuangan perusahaan

Staf akuntansi tugasnya juga membuat pembukuan dari transaksi perusahaan yang telah terjadi. Segala bentuk pengeluaran ini harus tercatat dengan tepat.

Hal ini agar dapat mendukung pembuatan pembukuan. Seluruh pencatatan transaksi perusahaan ini juga harus dibuat dengan mengacu kepada standar pelaporan akuntansi perusahaan.

3. Melakukan posting jurnal operasional

Tugas accounting selanjutnya adalah melakukan posting jurnal. Posting jurnal adalah melakukan pencatatan segala aktivitas pengeluaran dan pemasukan dari kegiatan operasional perusahaan, setelah itu memasukannya kedalam buku besar akuntansi perusahaan.

Buku besar sendiri adalah kumpulan data dan rekapitulasi laporan akuntansi yang dimiliki perusahaan. Melakukan posting jurnal sendiri bisa menggunakan Microsoft Excel atau Accurate.

Baca juga: 3 Cara Mengajukan Pertanyaan Saat Interview bagi Fresh Graduate

4. Membuat laporan keuangan

Ini adalah tugas utama staf akuntansi. Laporan keuangan ini berisi data rekapitulasi keuangan perusahaan yang sudah ditandatangani dan akan diserahkan langsung kepada pimpinan.

Biasanya pimpinan memang tidak melakukan pengecekan secara langsung namun melalui laporan keuangan yang kamu buat. Setiap perusahaan juga sudah punya format akuntansi tersendiri untuk membuat laporan keuangan ini.

5. Melakukan filling dokumen ke dalam sistem perusahaan

Proses filling dokumen atau data entry ke dalam juga menjadi tugas staff accounting untuk keperluan keuangan perusahaan.

Nantinya staff accounting kerjanya akan memasukan dokumen ke dalam sistem yang telah disediakan oleh perusahaan. Pekerjaan ini mungkin terlihat sederhana, tapi jangan salah saat melakukan filling dokumen. Kamu juga harus benar-benar teliti dan hati-hati agar data yang kamu masukan akurat dan tepat.

Untuk mendukung pekerjaan ini biasanya memerlukan beberapa dokumen pendukung seperti data jurnal akuntansi, yang di dalamnya terdapat transaksi keuangan perusahaan, atau mungkin juga memerlukan jurnal operasional.

6. Melakukan verifikasi kelengkapan dokumen keuangan perusahaan

Pekerjaan staff accounting juga melakukan verifikasi terhadap kelengkapan dokumen keuangan. Verifikasi kelengkapan dokumen ini meliputi berbagai kegiatan pengecekan terhadap dokumen kuitansi dan faktur serta invoice ataupun nota.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com