Kompas.com - 22/01/2022, 17:57 WIB
|

KOMPAS.com - Bagi para lulusan baru (fresh graduate) dan sedang mencari pekerjaan, maka harus mencari perusahaan yang terbaik. Terlebih lagi demi masa depan yang cerah.

Secara khusus lulusan Jurusan Akuntansi tentu ingin bekerja sesuai dengan jurusannya. Harapannya nanti bisa menjadi staff accounting di salah satu perusahaan ternama.

Tapi, apakah para fresh graduate sudah paham seperti apa tugas dari staf akuntansi itu? Seorang staff accounting akan bertanggung jawab untuk menjaga kondisi keuangan perusahaan dengan cara mengelola keuangan dengan tepat.

Baca juga: Fresh Graduate Perhatikan Ya, Ini Cara Membuat CV Bahasa Inggris

Tugas staff accounting

Melansir laman kitalulus.com, ini 10 tugas staff accounting:

1. Membuat pembukuan keuangan kantor

Tugas seorang staff accounting adalah membuat pembukuan keuangan kantor. Untuk membuat pembukuan sendiri ada berbagai formatnya, namun biasanya perusahaan sudah menyiapkan standar pembukuan laporan akuntansi lengkap dengan kebutuhan perusahaan.

2. Membuat pembukuan dari transaksi keuangan perusahaan

Staf akuntansi tugasnya juga membuat pembukuan dari transaksi perusahaan yang telah terjadi. Segala bentuk pengeluaran ini harus tercatat dengan tepat.

Hal ini agar dapat mendukung pembuatan pembukuan. Seluruh pencatatan transaksi perusahaan ini juga harus dibuat dengan mengacu kepada standar pelaporan akuntansi perusahaan.

3. Melakukan posting jurnal operasional

Tugas accounting selanjutnya adalah melakukan posting jurnal. Posting jurnal adalah melakukan pencatatan segala aktivitas pengeluaran dan pemasukan dari kegiatan operasional perusahaan, setelah itu memasukannya kedalam buku besar akuntansi perusahaan.

Buku besar sendiri adalah kumpulan data dan rekapitulasi laporan akuntansi yang dimiliki perusahaan. Melakukan posting jurnal sendiri bisa menggunakan Microsoft Excel atau Accurate.

Baca juga: 3 Cara Mengajukan Pertanyaan Saat Interview bagi Fresh Graduate

4. Membuat laporan keuangan

Ini adalah tugas utama staf akuntansi. Laporan keuangan ini berisi data rekapitulasi keuangan perusahaan yang sudah ditandatangani dan akan diserahkan langsung kepada pimpinan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.