Kompas.com - 24/01/2022, 07:02 WIB

KOMPAS.com - Menjadi mahasiswa baru, artinya perlu beradaptasi dengan dunia baru. Ada masa peralihan dari jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) ke bangku kuliah.

Meskipun sama-sama menuntut ilmu, tapi keduanya tentu berbeda. Mulai dari pertemanan, lingkungan, keilmuan, organisasinya dan banyak hal yang berbeda

Ketika berada di kampus, kamu akan dituntut untuk mandiri, bertanggung jawab, dan serba bisa.Tidak hanya itu, kamu juga harus memiliki skill penting untuk mendukung kegiatan perkuliahan.

Baca juga: 5 Tanda Kamu Cerdas secara Emosional

Oleh karena itu, sebelum jadi mahasiswa di bangku kuliah, penting buat kamu memiliki beberapa skill berikut, agar kamu bisa menjalani perkuliahan dengan lancar.

Kira-kira apa saja? Berikut tipsnya dilansir dari laman Ruangguru Minggu (23/1/2022).

1. Bertanggung jawab

Kalau dulu di sekolah menengah kamu wajib hadir di kelas setiap hari, tetapi saat menjadi mahasiswa nanti kamu punya keuntungan untuk bisa memilih apakah mau hadir ke kelas atau tidak.

Biasanya, kamu akan diberi jatah untuk tidak masuk kelas sebanyak 2 kali dalam 1 semester untuk setiap mata kuliah. Tetapi aturan ini tergantung kebijakan kampus masing-masing.

Belum tentu semua kampus seperti itu. Jatah bolos ini biasanya dimanfaatkan oleh para mahasiswa untuk melewatkan kelas yang dianggap tidak perlu.

Namun sebenarnya, kehadiran di kelas itu sangat penting untuk masa depan kamu. Kalau kamu memutuskan bolos tapi ternyata ada kuis dadakan? Jadi sebaiknya, sebelum kamu menjadi mahasiswa, coba biasakan dirimu untuk bertanggung jawab.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.