BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sampoerna University

Orangtua Wajib Tahu 4 Keuntungan Menguliahkan Anak di Kampus Berstandar Internasional

Kompas.com - 24/01/2022, 16:03 WIB

KOMPAS.com - Memilih universitas merupakan tahapan penting dalam persiapan masa depan anak. Pasalnya, kampus akan menjadi tempat anak memperoleh bekal untuk memasuki dunia kerja dan berkontribusi bagi masyarakat.

Setelah lulus dari universitas dengan sistem pendidikan berkualitas dan berstandar tinggi, anak akan memiliki daya saing. Oleh sebab itu, tidak sedikit orangtua mempertimbangkan untuk menyekolahkan anak di luar negeri agar dapat belajar di universitas berstandar internasional.

Meski demikian, orangtua perlu menyiapkan sejumlah hal untuk menyekolahkan anak di luar negeri. Persiapan ini pun terbilang tidak sederhana, terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Beruntungnya, orangtua tak perlu jauh-jauh menyekolahkan anak ke luar negeri karena perguruan tinggi berstandar internasional kini telah hadir di Indonesia.

Seperti halnya di luar negeri, kampus berstandar internasional di Tanah Air menawarkan sejumlah keunggulan. Berikut Kompas.com rangkum empat keuntungan berkuliah di kampus berstandar internasional yang perlu dipahami orangtua.

Baca juga: Tak Perlu Jauh-Jauh, Kuliah Berstandar Amerika Juga Ada di Indonesia

1. Kualitas pendidikan

Ekosistem pendidikan pada universitas berstandar internasional didukung oleh pengajar-pengajar berkualitas yang kompeten di bidangnya. Prestasi dan karya ilmiah akademisi di universitas tak hanya ditorehkan pada tataran nasional, tetapi juga internasional.

Tak heran, lulusan perguruan tinggi berstandar internasional memiliki kualitas unggul dengan kompetensi yang relevan dengan kebutuhan industri.

Kualitas pendidikan kampus berstandar internasional umumnya mengusung konsep pembelajaran berstandar internasional yang diadopsi dari negara-negara maju. Misalnya, Amerika Serikat (AS).

Selain itu, kampus berstandar internasional juga mengusung konsep fleksibilitas. Dalam hal ini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk memilih mata kuliah lain di luar program studinya.

Baca juga: Persaingan Kerja Makin Ketat Saat Pandemi, Haruskah Bekerja Sesuai Passion?

Konsep itu pun memungkinkan mahasiswa untuk memperoleh kompetensi lain yang dapat menyokong bidang studi pilihannya.

2. Kurikulum berstandar internasional

Kurikulum merupakan salah satu elemen penting dalam proses belajar mengajar pada institusi pendidikan, termasuk perguruan tinggi.

Pada perguruan tinggi berstandar internasional, kurikulum yang diadopsi mengedepankan cara pandang internasional dengan metode pendidikan yang mutakhir dan modern.

Bahasa pengantar yang digunakan dalam belajar mengajar adalah bahasa Inggris. Seperti diketahui, bahasa Inggris merupakan bahasa internasional.

Baca juga: Dear Orangtua, Bekali Anak dengan Keterampilan Berikut agar Bisa Bersaing dengan Robot dan Mesin di Dunia Kerja

Dengan mengadopsi kurikulum berstandar internasional, perguruan tinggi memberi kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa untuk berpikir kritis dan analitis.

Tujuannya, agar lulusan yang dihasilkan memiliki perspektif berpikir yang berbeda serta lebih maju dalam menyelesaikan masalah.

Kurikulum berstandar internasional juga membentuk ekosistem belajar yang mendorong mahasiswa berpikir kreatif, mandiri, serta mampu mengembangkan kemampuan emosi, intelektual, dan sosial.

Dengan begitu, sumber daya manusia (SDM) yang dihasilkan dapat beradaptasi secara mudah di dunia kerja dan masyarakat di lingkup nasional ataupun global.

Baca juga: Sampoerna University Buka Beasiswa S1 Tahun 2022, Bebas Biaya Kuliah

3. Pengalaman internasional

Kesempatan mencicipi pengalaman studi di luar negeri juga menjadi salah satu keuntungan menempuh studi di kampus berstandar internasional.

Pasalnya, universitas berstandar internasional menyediakan berbagai fasilitas penunjang pembelajaran agar mahasiswa memiliki akses kegiatan lintas negara, mulai dari unit kegiatan mahasiswa (UKM) internasional, klub, hub, hingga berbagai wadah kreativitas lain.

Selain itu, universitas juga mengakomodasi mahasiswa untuk mengikuti program magang di luar negeri. Untuk menyediakan pengalaman tersebut, pihak kampus berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan multinasional.

Dengan demikian, mahasiswa bisa menambah pengalaman, memperluas jaringan, dan berpeluang untuk bekerja di perusahaan kenamaan.

Baca juga: Aplikatif, Tugas Akhir DKV Sampoerna University Gunakan Media Baru

4. Fasilitas berstandar internasional

Untuk menunjang kualitas pembelajaran, perguruan tinggi menawarkan banyak dukungan dan fasilitas terlengkap berstandar internasional pula.

Fasilitas itu terdiri atas laboratorium kelas dunia, perpustakaan dengan literatur lengkap berteknologi modern, serta penggunaan perangkat keras dan lunak dalam proses belajar.

Nah, itulah deretan keuntungan belajar di universitas dalam negeri berstandar internasional yang bisa dipertimbangkan orangtua dalam memilih kampus berkualitas bagi sang anak.

Salah satu perguruan tinggi yang bisa jadi pertimbangan adalah Sampoerna University. Kampus yang terletak di bilangan Pancoran, Jakarta Selatan tersebut menerapkan sistem pendidikan AS, mulai dari kurikulum, ketersediaan fakultas, hingga fasilitas.

Baca juga: Sejarawan Universitas Negeri Malang Sebut Nama Nusantara Ingatkan Kembali Sejarah Indonesia

Untuk mendukung kegiatan pembelajaran, Sampoerna University mengadopsi learning management system (LMS) melalui Canvas.

Untuk diketahui, LMS Canvas telah digunakan di universitas kenamaan di dunia, salah satunya Oxford University.

Melalui Canvas, mahasiswa dapat mengakses materi belajar 24 jam dengan menggunakan berbagai perangkat secara online, seperti smartphone, tablet, personal computer (PC), dan laptop.

Dengan fasilitas tersebut, mahasiswa juga dapat mengunduh berbagai materi referensi, mengerjakan kuis, dan berdiskusi. Dengan begitu, mahasiswa dapat belajar kapan saja dan di mana saja secara mudah.

Baca juga: Kisah Perjuangan Ilham Nugraha, Anak Sopir Taksi Online Berhasil Kuliah di Universitas Cornell AS

Sebagai informasi, Sampoerna University memiliki tiga program perkuliahan, salah satunya adalah Fakultas Mesin dan Teknologi.

Selain Canvas, mahasiswa Fakultas Mesin dan Teknologi di Sampoerna University didukung world class and industry standard facility.

Fasilitas tersebut merupakan hasil pengembangan dan kemitraan dengan universitas-universitas AS. Penyediaan fasilitas ini bertujuan untuk mereplikasi pengalaman belajar dan praktik laboratorium layaknya di AS.

Dengan fasilitas modern buatan AS tersebut, mahasiswa dapat belajar secara langsung di laboratorium teknik kelas dunia.

Baca juga: 15 Universitas Terbaik di Indonesia 2022 Versi Webometrics

Tak hanya itu, mahasiswa jurusan Ilmu Komputer Sampoerna University juga memiliki akses ke hardware dan software generasi terbaru yang tersedia di laboratorium fasilitas komputer.

Sementara, pada jurusan Visual Communication Design (New Media), Sampoerna University juga menawarkan kelas Innovation Laboratory, 3-D Visualization Lab, dan Motion Capture Studio yang canggih.

Perlu diketahui, Sampoerna University menerapkan kurikulum Pendidikan Umum (General Education) pada tahun pertama dan kedua masa perkuliahan.

Mata kuliah inti Pendidikan Umum memberikan mahasiswa Sampoerna University kerangka pendidikan interdisiplin berdasarkan standar kurikulum pendidikan tinggi di AS dan berpedoman pada standar pendidikan Indonesia.

Baca juga: INFOGRAFIK: 10 Universitas Swasta Terbaik di DKI Jakarta 2020

Bidang mata pelajaran Pendidikan Umum meliputi Komunikasi, Humaniora, Ilmu Sosial dan Perilaku, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Matematika.

Selain itu, Sampoerna University menargetkan enam kompetensi jenjang perguruan tinggi sebagai landasan pendidikan umum dan mata kuliah inti. Kompetensi ini dibuat berdasarkan rubrik nilai yang dikembangkan Association of American Colleges and Universities.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Sampoerna University, silakan kunjungi laman www.sampoernauniversity.ac.id.


26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.