Kompas.com - 24/01/2022, 16:41 WIB

KOMPAS.com - Setiap tahun, tak sedikit pelajar Indonesia yang memilih untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. Ada banyak alasan mengapa melanjutkan kuliah di luar negeri dapat menjadi pertimbangan.

Sistem pendidikan tinggi berkualitas yang dimiliki sejumlah negara dinilai menjadi alasan utama mengapa pelajar memilih melanjutkan studi di luar negeri.

Apalagi, semakin banyak kampus dan negara yang membuka kesempatan beasiswa kuliah bagi pelajar Indonesia.

Tak sedikit pula yang menawarkan beasiswa penuh dengan tunjangan lengkap, mulai dari biaya kuliah hingga tunjangan bulanan.

Baca juga: Beasiswa S1 di Singapura 2022: Kuliah Gratis, Tunjangan Rp 69 Juta Per Tahun

Setelah menyelesaikan pendidikan di luar negeri dan kembali ke negara asal, lulusan juga memiliki banyak peluang karier yang tersedia di negara asal bahkan di negara tempat berkuliah.

Bila kamu berencana melanjutkan studi ke luar negeri, ada sejumlah negara dengan biaya hidup yang ramah bagi mahasiswa. Terutama bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah dengan biaya sendiri atau beasiswa parsial.

Bicara mengenai biaya hidup, memang terbilang relatif karena kembali ke masing-masing orang, tergantung kota tempat tinggal dan gaya hidup.

Namun, bila dilihat dari biaya hidup rata-rata mahasiswa per bulan termasuk kebutuhan dasar berupa akomodasi, makan, transportasi dan kebutuhan telepon/internet, ada 10 negara dengan biaya hidup yang dinilai ramah bagi mahasiswa, berikut daftarnya melansir laman lembaga bimbingan beasiswa Schoters Indonesia:

Baca juga: Beasiswa S1-S2 Brunei 2022: Kuliah Gratis, Tunjangan Rp 6,7 Juta Per Bulan

1. Mesir

Kisaran biaya hidup mahasiswa per bulan: Rp 1-2 juta

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.