Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fresh Graduate, Begini Tugas Admin Produksi dan Kisaran Gajinya

Kompas.com - 26/01/2022, 06:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Ketika lulus sekolah dari jenjang SMK, maka tugas berikutnya ialah segera mencari pekerjaan jika tidak ingin melanjutkan kuliah.

Ketika menjadi lulusan baru (fresh graduate), maka ada banyak peluang bisa dapat pekerjaan. Tentu semua harus disesuaikan dengan jurusan yang diambil ketika sekolah.

Bagi yang tertarik dengan posisi staf admin, ada perbedaan di tiap bagian admin yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya.

Baca juga: Fresh Graduate, Ini Lho 10 Tugas Staff Accounting di Perusahaan

Agar kamu tidak tertukar dengan jenis-jenis admin lainnya, yuk kita ketahui lebih lanjut seperti apa pekerjaan admin produksi di perusahaan.

Ini akan sangat membantu kamu yang mungkin menemukan lowongan admin produksi tapi masih tidak tahu apa yang akan dikerjakan.

Melansir laman kitalulus.com, berikut ini tugas admin produksi dan kisaran gajinya.

Tugas admin secara umum

Sebelum kita membahas pekerjaan admin produksi, mari kita ketahui terlebih dahulu apa saja yang tugas seorang admin secara umum.

Walau berbeda-beda nama, tapi pekerjaan admin secara umum adalah mengerjakan pelayanan kantor seperti penyediaan sarana administrasi untuk menunjang kelancaran kerja seluruh bagian sebuah perusahaan.

Tugas staf admin bisa juga berupa fokus mengatur pendataan, menindaklanjuti proses pembelian, menjawab telepon yang masuk, dan masih banyak lagi.

Pekerjaan admin produksi

Staff admin produksi biasanya biasanya banyak dijumpai di pabrik-pabrik. Pekerjaan admin produksi adalah membantu pekerjaan departemen atau divisi produksi dalam segi administratif.

Seorang staf admin produksi akan bertanggung jawab dalam mengolah data dari pra produksi yaitu dari bahan baku, produksi hingga barang yang sudah jadi dan siap untuk dikirim ke konsumen.

Baca juga: Fresh Graduate Perhatikan Ya, Ini Cara Membuat CV Bahasa Inggris

Tak hanya mengurus keperluan dokumen saja, admin produksi juga bertanggung jawab dalam hal pengawasan bagian operator produksi.

Tugas admin produksi

Jika kamu ingin menjadi admin produksi, ada beberapa tugas yang jadi tanggung jawab kamu. Berikut ini tugas admin produksi, yang umumnya ditemukan di perusahaan:

  • Mengumpulkan Data Produksi
  • Memasukan Data ke Komputer
  • Mengontrol Proses Produksi
  • Menyusun Jadwal Pekerja
  • Menghitung Bahan-Bahan Produksi
  • Mencatat Efektifitas Kerja Mesin
  • Menerima Permintaan atau Pesanan
  • Melakukan Retur Sisa Bahan Baku

Gaji admin produksi

Adapun admin produksi jadi salah satu posisi yang paling banyak dicari. Biasanya tingkat pendidikan SMK juga sudah bisa untuk menempati posisi ini.

Untuk gaji admin produksi sendiri bervariatif besarnya, tergantung perusahaan dan juga UMR yang berlaku. Namun standar gaji admin produksi ada di kisaran Rp 3.600.000 untuk lulusan SMK.

Baca juga: 3 Cara Mengajukan Pertanyaan Saat Interview bagi Fresh Graduate

Tentu jika pendidikan dan pengalaman kamu lebih tinggi gaji yang didapatkan bisa lebih besar.

Jika kamu ingin mencari lowongan kerja, maka bisa membuka info lowongan kerja dari laman https://www.kitalulus.com/

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com