Kompas.com - 30/01/2022, 07:25 WIB

KOMPAS.com - Banyak perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia yang memiliki kualitas bagus. Bahkan kualitasnya juga tak kalah dengan perguruan tinggi negeri (PTN).

Beberapa kampus swasta juga selalu masuk dalam pemeringkatan universitas terbaik di Indonesia dari lembaga pemeringkatan internasional.

Jika kamu memilih melanjutkan pendidikan di kampus swasta, jangan khawatir atau minder. Pasalnya kesuksesan seseorang tidak hanya ditentukan dengan kuliah di kampus negeri maupun swasta.

Merangkum dari laman Zenius, Minggu (30/1/2022), ada rekomendasi perguruan tinggi swasta di Pulau Jawa yang bisa jadi pilihan. PTS ini tentu sudah diakui kualitasnya dan masuk dalam kampus swasta terbaik di Indonesia. Yuk simak bersama informasi berikut ini.

Baca juga: Siswa, Tahukah Kamu 5 Jenis Makanan Ini Tak Punya Masa Kedaluwarsa

Telkom University

Salah satu PTS yang ada di Pulau Jawa yang bisa kamu pilih adalah Telkom University atau biasa dikenal Tel-U. Telkom University memiliki 7 fakultas dengan 37 program studi.

Menurut Webometrics Telkom University berada di posisi 7 kampus terbaik se-Indonesia. Jika kamu tertarik kuliah di bidang teknik, teknologi informasi, bisnis, maupun seni dan desain, Telkom University bisa dipertimbangkan karena memiliki jurusan yang sesuai dengan minatmu.

Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara (Binus) merupakan salah satu universitas swasta di Jawa yang cukup populer. Gedung kampus Binus ada di Jakarta, Tangerang, dan Bekasi. Pada Webometrics, Binus menempati posisi 1.912 sedunia. Binus merupakan universitas terbaik urutan ke-9 se-Indonesia.

Baca juga: Anggarkan Rp 2,15 Triliun, Kemendikbud Buka Pendanaan Penelitian 2022

Kampus yang berdiri sejak 1981 ini memiliki akreditasi A. Hal ini tentu menjadi sebuah bukti bahwa Binus merupakan PTS yang layak dipilih. Fakultas yang dimiliki Binus antara lain:

  • Accounting & Finance
  • Art & Design
  • Business
  • Communication
  • Computing
  • Engineering
  • Hospitality and Tourism
  • Humanities

Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta merupakan kampus swasta di Jawa ini dibangun sejak 18 November 1960. Salah satu PTS terbaik di Pulau Jawa ini telah terakreditasi A serta meraih posisi 27 terbaik di Indonesia dan 3.160 pada peringkat dunia.

Baca juga: Guru di Balikpapan Ciptakan Aplikasi Pembelajaran bagi Siswa Tunarungu

Tidak hanya itu, UAD juga memiliki pedoman untuk memegang erat kaidah perguruan tinggi Muhammadiyah dan Tri Dharma. Kampus ini bisa jadi pilihan terlebih bagi kamu yang tertarik belajar di bidang teknologi atau sosial humaniora, keguruan dan ilmu pendidikan, teknologi, sastra dan budaya.

Universitas Dian Nuswantoro

Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) merupakan universitas swasta terbaik di Semarang. Berdiri sejak tahun 1990, Udinus memiliki akreditasi A.

PTS terbaik di Jawa Tengah ini memiliki 7 fakultas dan 14 program studi. Udinus juga menduduki peringkat 28 se-Indonesia dan peringkat 3.188 se-dunia.

Universitas Kristen Satya Wacana

Selain Udinus di Semarang, PTS terbaik di Jawa Tengah selanjutnya adalah Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW).

UKSW berada di Salatiga, Jawa Tengah. PTS terbaik di Jawa Tengah ini memiliki 14 fakultas dan 31 program studi.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Simak Syarat, Cara Daftar dan Keunggulan KIP Kuliah

UKSW berdiri sejak tahun 1956, dan sudah mendapatkan akreditasi A. Kampus ini berada di posisi 3.203 di dunia. Jurusan paling diminati di UKSW adalah Teknologi Informasi, Teknik Elektro, Akuntansi, Sastra Inggris dan Ekonomi.

Universitas Mercu Buana

Di Jakarta selain ada Binus, ada juga Universitas Mercu Buana atau dikenal juga UMB. UMB memiliki banyak pilihan fakultas dan jurusan seperti Akuntansi, Manajemen, Psikologi, Ilmu Komunikasi, Arsitektur, Teknik, dan Desain.

UMB berada di peringkat 37 se-Indonesia dan 3.654 sedunia menurut Webometrics serta telah bekerja sama dengan 31 perguruan tinggi luar negeri, di Asia dan Eropa.

Universitas Katolik Parahyangan

Rekomendasi universitas swasta di Jawa lainnya adalah Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). Unpar merupakan PTS terbaik di Bandung. Universitas yang berdiri sejak tahun 1955 ini memiliki 7 fakultas dengan 15 program studi, serta terakreditasi A.

Jurusan favorit Unpar yang bisa jadi pilihanmu seperti Hukum, Arsitektur, dan Hubungan Internasional. Selain sudah mendapatkan predikat Akreditasi A, Unpar juga berada di peringkat 39 se-Indonesia dan 3.760 di Dunia.

Baca juga: Selain KIP Kuliah, Mahasiswa Bisa Manfaatkan 4 Program Beasiswa Ini

Itulah rekomendasi 7 PTS di Pulau Jawa yang bisa menjadi pilihan. Sebelum menentukan pilihan, lebih baik jika mencari tahu lebih banyak mengenai kampus swasta pilihanmu termasuk program studi apa saja yang disediakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.