Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Universitas Negeri di Malaysia dengan Biaya Pendidikan Terjangkau

Kompas.com - 30/01/2022, 07:30 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Setelah menyelesaikan pendidikan di jenjang SMA sederajat, selain bisa melanjutkan pendidikan tinggi di dalam negeri, kamu juga bisa memilih pendidikan di luar negeri.

Tak perlu jauh-jauh memilih kampus di benua Amerika atau Eropa, karena banyak perguruan tinggi di Asia juga memiliki kualitas tak kalah bagus.

Sebagai salah satu negara tetangga terdekat, tentu ada siswa dari Indonesia yang memilih menempuh pendidikan tinggi di Malaysia. Ada beberapa perguruan tinggi di Negeri Jiran ini yang menawarkan kuliah dengan biaya terjangkau.

Merangkum dari laman konsultan pendidikan luar negeri ICAN Education, Minggu (30/1/2022), memberikan informasi mengenai universitas negeri di Malaysia yang memiliki biaya pendidikan cukup terjangkau. 

Baca juga: Anggarkan Rp 2,15 Triliun, Kemendikbud Buka Pendanaan Penelitian 2022

Saat memutuskan untuk menempuh pendidikan di luar negeri, kamu perlu mempertimbangkan segala macam keperluannya. Mulai dari tempat tinggal, transportasi menuju kampus dan banyak hal lainnya.

Universitas negeri di Malaysia yang murah

Berikut 4 universitas negeri di Malaysia dengan biaya pendidikan terjangkau yang bisa menjadi rekomendasi.

1. Universiti Malaysia

Universitas Malaysia adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Kelantan. Kampus ini merupakan perguruan tinggi ke-19 yang didirikan di negara Malaysia, tepatnya pada tahun 2006 silam.

Kampus ini menyediakan 3 fakultas terbaik yang bisa dipilih. Seperti Kewirausahaan dan Bisnis, Teknologi dan Warisan Kreatif, Agroindustri dan Ilmu Sumber Daya Alam.

Baca juga: Guru di Balikpapan Ciptakan Aplikasi Pembelajaran bagi Siswa Tunarungu

Biaya pendidikan di kampus ini sekitar RM 3.255 hingga 3.767 per tahun  atau sekitar Rp 11 juta hingga Rp 12 juta. Biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan pihak kampus.

2. Universiti Pertahanan Nasional Malaysia

Universiti Pertahanan Nasional Malaysia yang merupakan salah satu institusi militer pertama di Malaysia. Lembaga ini dibangun dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan angkatan bersenjata di daerah Malaysia.

Universitas ini terkenal dengan perkembangan yang cukup pesat karena memiliki berbagai macam program sarjana di bidang teknik, ilmu pengetahuan dan manajemen yang terus dikembangkan dengan baik.

Biaya pendidikan di Universiti Pertahanan Nasional per tahun bisa mencapai RM 3000 atau sekitar Rp 10 juta. Biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan kampus.

Baca juga: Siswa, Tahukah Kamu 5 Jenis Makanan Ini Tak Punya Masa Kedaluwarsa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com