Kompas.com - 29/01/2022, 14:33 WIB
|

KOMPAS.com - Banyak daerah di Indonesia telah menggelar pembelajaran tatap muka (PTM). Tak hanya bagi jenjang SD, SMP, dan SMA/sederajat, satuan PAUD juga telah melaksanakan PTM.

Namun, para orangtua harus tetap memperhatikan kesehatan buah hati. Salah satunya dengan menjaga imunitas tubuh agar tetap fit, terlebih ketika mengikuti PTM.

Jadi, penting sekali menjaga imunitas anak usia dini dengan mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang. Bagaimana cara memenuhi gizi seimbang itu?

Baca juga: Seperti Ini Contoh Bahan Makanan Sehat di Instalasi Gizi RSA UGM

Dilansir dari laman Direktorat PAUD Kemendikbud Ristek, Selasa (25/1/2022), penerapan gizi seimbang anak usia dini 4-6 tahun pada masa pandemi meliputi empat pilar:

1. Mengonsumsi pangan beraneka ragam (mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air)

2. Membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat

3. Melakukan aktivitas fisik

4. Mempertahankan dan memantau berat badan normal

Terkait pada penerapan gizi seimbang anak usia dini 4-6 tahun pilar pertama, perlu adanya pemenuhan gizi dengan mengimplementasikan pedoman Isi Piringku (merujuk pada Pedoman Isi Piringku Kementerian Kesehatan).

Salah satunya membiasakan membawa bekal dengan menu lengkap sesuai dengan komposisi isi piringku. Pemenuhan nutrisi di masa pandemi ini harus menjadi perhatian bersama, terutama bagi orangtua untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Baca juga: Nutrisionis RSA UGM: Ini 6 Tahapan Asuhan Gizi di Rumah Sakit

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.