Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 5 Hal Seru yang Dipelajari jika Kuliah di Kedokteran Gigi

Kompas.com - 05/02/2022, 12:36 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Jurusan di Fakultas Kedokteran selalu menjadi primadona sejak dulu. Meski dikenal karena biaya pendidikan yang mahal dan harus berjuang ekstra untuk lulus, namun tiap tahun, Fakultas Kedokteran terbukti selalu banjir peminat.

Selain jurusan Kedokteran atau Pendidikan Dokter, ada jurusan lain yang tak kalah menarik perhatian calon mahasiswa baru, yakni jurusan Kedokteran Gigi.

Seiring meningkatnya kesadaran terkait kesehatan mulut dan gigi, profesi dokter gigi juga semakin banyak dibutuhkan untuk membantu masyarakat mendapatkan pengobatan gigi yang layak. 

Merangkum dari laman Universitas Kristen Maranatha, Sabtu (5/2/2022), apabila kamu berminat kuliah di jurusan Kedokteran Gigi dan menjadi dokter gigi, ada beberapa hal seru yang akan dipelajari. Yuk baca bersama informasi berikut ini.

Baca juga: Ditjen Diktiristek Ungkap 3 Tantangan Pembelajaran Hybrid

Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi Dasar

Sebagai mahasiswa baru, kamu akan belajar terlebih dahulu tentang dasar-dasar ilmu kedokteran pada umumnya dan kedokteran gigi pada khususnya.

Materi ini diberikan agar mahasiswa mendapatkan gambaran umum tentang tubuh manusia secara umum, lebih khusus lagi tentang gigi dan mulut. Mahasiswa Kedokteran Gigi juga akan belajar tentang anatomi tubuh dan fisiologi, serta anatomi oral, biologi, dan oral biologi.

Penyakit Mulut dan Kesehatan Gigi Masyarakat

Hal paling utama saat kuliah Kedokteran Gigi yakni mempelajari ilmu tentang penyakit mulut dan kesehatan gigi.

Baca juga: PTM 50 Persen di DKI Jakarta, Durasi Belajar Maksimal 4 Jam Per Hari

Mahasiswa Kedokteran Gigi harus mempelajari tentang berbagai penyakit yang dapat terjadi di gigi dan rongga mulut. Bagaimana jenis perawatannya, serta tentu saja memahami peran kesehatan gigi bagi tubuh.

Ketika sudah menjadi dokter gigi dan mulai melayani masyarakat, kamu dapat memberikan edukasi tentang pentingnya kesehatan mulut dan gigi kepada masyarakat.

Bedah Mulut dan Konservasi Gigi

Saat kuliah di Kedokteran Gigi, kamu juga akan belajar ilmu bedah mulut dan konservasi gigi. Ini merupakan ilmu lanjutan yang berkaitan dengan tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah gigi, yaitu pembedahan.

Selain itu, ada juga pelajaran tentang konservasi gigi yang berkaitan dengan tindakan perawatan dan penambalan gigi.

Baca juga: Yuk Intip 4 Jurusan Kuliah dengan Biaya Mahal

Kedokteran Gigi Anak

Mahasiswa Kedokteran Gigi tidak bisa hanya belajar tentang kesehatan mulut dan gigi dewasa. Perawatan mulut dan gigi untuk anak juga perlu pelajari karena sebagai dokter gigi, nantinya harus melayani pasien anak maupun dewasa.

Mahasiswa akan belajar lebih spesifik tentang gigi dan mulut anak serta bagaimana cara menangani pasien dari kalangan anak-anak. Hal ini karena pasien anak sering takut berhadapan dengan dokter gigi dan panik saat harus diberikan tindakan khusus. 

Prostodonsia, Ortodonsia, dan Periodonsia

Hal seru lainnya yang akan dipelajari saat kuliah Kedokteran Gigi adalah tentang prostodonsia, ortodonsia, dan periodonsia. Prostodonsia adalah ilmu yang mempelajari tentang rehabilitasi dan pembuatan gigi tiruan melalui model gigi. Di sisi lain, ortodonsia mempelajari tentang perawatan susunan gigi, penggunaan kawat gigi, dan cara pembuatannya.

Sedangkan periodonsia mempelajari tentang jaringan-jaringan yang ada di rongga mulut. Hal ini berkaitan dengan tindakan yang akan dilakukan jika terjadi masalah pada rongga mulut, misalnya jika terjadi pembengkakan gusi.

Baca juga: Pakar Unair Jelaskan Kaitan Kesehatan Gigi dan Stunting pada Anak

Itulah hal-hal yang dipelajari jika memilih jurusan Kedokteran Gigi. Jika kamu bercita-cita menjadi dokter gigi, jurusan ini bisa dipertimbangkan. Selain di perguruan tinggi negeri (PTN), saat ini juga banyak perguruan tinggi swasta (PTS) yang menyediakan jurusan Kedokteran Gigi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com