Kompas.com - 05/02/2022, 07:08 WIB

KOMPAS.com - Biaya pendidikan menjadi kebutuhan penting yang harus dipersiapkan para orangtua. Pasalnya seiring berjalannya waktu, biaya pendidikan tentu akan mengalami kenaikan.

Dari banyaknya program studi (prodi) atau jurusan yang ditawarkan perguruan tinggi di Indonesia, ada beberapa yang memiliki biaya kuliah tak sedikit.

Merangkum dari salah satu platform edukasi di Instagram yakni @masukkampus, Sabtu (5/2/2022), ada beberapa prodi dengan biaya kuliah paling mahal.

Meskipun biaya pendidikannya tergolong mahal, namun ketika lulus prospek kerja pada 4 jurusan ini sangat luas dan bisa mendatangkan penghasilan cukup besar. Yuk simak bersama 4 program studi dengan biaya pendidikan cukup mahal di Indonesia.

Baca juga: Prof Nizam: Isu Masuk PTN lewat Jalur Belakang Itu Bohong

4 jurusan kuliah dengan biaya mahal di Indonesia

1. Penerbangan (Aviasi)

Pendidikan penerbangan ini menjadi salah satu program studi yang mengharuskan peserta didik membayar biaya kuliah cukup mahal.

Untuk sekolah penerbangan umumnya biaya yang harus digelontorkan berkisar Rp 500 juta hingga Rp 800 juta.

Namun demikian jurusan penerbangan ini juga cukup banyak peminatnya karena gaji yang dihasilkan juga sangat menggiurkan.

2. Kedokteran

Sudah menjadi rahasia umum bahwa biaya pendidikan di jurusan Kedokteran cukup mahal dibandingkan jurusan yang lainnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.