Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Lolos SNMPTN 2022, Calon Mahasiswa Wajib Paham

Kompas.com - 10/02/2022, 12:58 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 sebentar lagi dimulai. Lebih tepatnya pada 14 Februari 2022.

Bagi calon mahasiswa yang ingin ikut jalur SNMPTN 2022, maka harus segera mempersiapkan diri dengan baik, salah satunya ialah strategi memilih jurusan kuliah.

Di jalur ini atau biasa disebut jalur undangan, kamu tidak perlu ikut tes tetapi harus mengumpulkan nilai rapor yang baik atau portofolio tertentu sebagai penilaian.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini 10 PTN Penerima SBMPTN Terbanyak 2021

Selain itu, akreditasi sekolah dan prestasi alumni di perguruan tinggi negeri terkait juga bisa jadi pertimbangan banyaknya kuota yang dibuka untuk menerima mahasiswa baru dari sekolah kamu.

Bagi calon mahasiswa yang masih binung pilih jurusan kuliah, berikut ini 7 tips lolos SNMPTN 2022 atau tips memilih jurusan SNMPTN. Info dirangkum dari laman Ruangguru.

1. Ketentuan dasar jalur SNMPTN

Jalur SNMPTN memberikan kuota penerimaan yang berbeda untuk setiap sekolah. Kuota tersebut ditentukan berdasarkan indeks sekolah, yakni:

  • akreditasi sekolah
  • prestasi alumni di perguruan tinggi negeri terkait
  • nilai peserta SBMPTN yang diterima pada tahun sebelumnya
  • prestasi sekolah kamu

Berikut ketentuan kuota penerimaan di jalur SNMPTN berdasarkan akreditasi sekolah:

  • Akreditasi A: 40 persen terbaik di sekolah
  • Akreditasi B: 25 persen terbaik di sekolah
  • Akreditasi C dan lainnya: 5 persen terbaik di sekolah

2. Fokuskan pilihan pada prodi yang diinginkan

Kamu harus segera menentukan perguruan tinggi negeri (PTN) dan jurusan kuliah yang dituju. Tentu, kamu tidak boleh asal-asalan dalam memilih PTN dan jurusan kuliah.

Usahakan memilih program studi yang sesuai dengan bakat dan kesukaan kamu sehingga kamu sudah yakin dan tidak akan menolaknya ketika nanti diterima melalui jalur SNMPTN 2022.

Caranya, kamu bisa mulai dengan melihat nilai rapor kamu dari semester 1 sampai 5, nilai mata pelajaran apa yang paling stabil dan meningkat.

Baca juga: Ini Tips Sukses Masuk PTN ala Prof Nizam

Untuk bisa diterima di SNMPTN, nilai rapor kamu nggak boleh anjlok. Nilai mata pelajaran yang relevan dengan jurusan yang akan kamu pilih harus terus meningkat.

3. Nilai rapor konsisten

Hal yang akan dilihat sebagai penilaian adalah nilai rapor siswa dari semester 1-5. Dengan begitu, nilai di rapor haruslah stabil atau konsisten, jangan sampai naik-turun di semester-semester tersebut, melainkan harus terus meningkat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com