Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menjawab "Mengapa Ingin Bekerja di Perusahaan Kami?" bagi Fresh Graduate

Kompas.com - 16/02/2022, 10:12 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Jika Anda mendapat panggilan wawancara kerja, maka Anda harus mempersiapkan diri dengan baik. Sebab, bakal ada berbagai pertanyaan dari rekruter atau HRD untuk Anda.

Bagi orang yang sudah berpengalaman bekerja di berbagai perusahaan dan ikut wawancara kerja tentu tidak butuh persiapan banyak. Namun berbeda bagi para lulusan baru (fresh graduate).

Bahkan bisa menjadi pengalaman pertama bagi fresh graduate untuk ikut wawancara kerja. Maka membutuhkan persiapan yang matang.

Baca juga: Fresh Graduate, Ini Tips Jawab 15 Pertanyaan Wawancara Kerja

Apalagi jika nanti HRD bertanya "Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?" Lantas, apa jawaban yang tepat?

Sebenarnya, pertanyaan susah susah gampang ini bisa menjebak kamu jika salah-salah menjawab.

Melansir laman KitaLulus, berikut penjelasan akan pertanyaan tersebut:

Ini alasan HRD

Sebelumnya, kamu harus paham dulu kenapa HRD menanyakan hal ini. Ternyata, alasannya ialah untuk mengetahui sejauh apa persiapan kamu menghadapi proses wawancara.

Jadi, pertanyaan ini bisa memberikan gambaran HRD, apakah sebelumnya kamu sudah mencari tahu informasi seputar perusahaan yang kamu lamar atau belum.

Selain itu, pertanyaan ini juga untuk mengetahui apakah kamu tipe orang yang memikirkan karirmu, serta apa yang kamu cari.

Tentu, perusahaan ingin mencari kandidat yang punya tujuan serta pekerjaan yang spesifik. Atau tidak hanya sekadar mendapatkan pekerjaan saja.

Tips menjawab pertanyaan HRD

1. Fokus pada keunggulan perusahaan yang berkaitan dengan keunggulanmu

Jika kamu menjawab jujur contohnya karena perusahaan sedang membuka lowongan, sedang membutuhkan pekerjaan, atau sedang membutuhkan uang. Ini sangat tidak disarankan.

Nanti, HRD justru akan menilai kamu lugu dan naif. Daripada menjawab seperti itu, cobalah untuk fokus kelebihan perusahaan. Kamu juga bisa sambungkan dengan keahlian kamu yang dapat mendukung perkembangan perusahaan.

Baca juga: Ijazah Ditahan Perusahaan? Fresh Graduate, Pahami 7 Hal Ini

2. Berusaha menunjukkan semangatmu pada posisi yang dilamar

Jadi, kamu harus menunjukkan antusiasme terhadap posisi yang kamu lamar itu. Tentu kamu sudah memiliki modal pengetahuan yang cukup tentang perusahaan dan posisi yang kamu lamar.

3. Ada kaitannya posisi dilamar dengan keterampilanmu

Saat ikut wawancara kerja dan dapat pertanyaan "Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?", maka kamu bisa menjawab dengan keterampilan dan pengalaman kerja yang kamu miliki.

Kamu harus bisa menjawab dengan bahasa yang tenang, tegas, dan meyakinkan. Maka, HRD akan punya penilaian plus terhadap kepribadian kamu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com