Kompas.com - 17/02/2022, 13:06 WIB

KOMPAS.com - Di tengah berlangsungnya seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di tahun 2022, sejumlah kampus, lembaga beasiswa hingga pemerintah Indonesia maupun luar negeri juga tengah membuka kesempatan beasiswa bagi pelajar Indonesia.

Program beasiswa ditawarkan bagi siapa saja yang ingin menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi baik S1, S2 maupun S3.

Bila kamu ingin mencoba mengajukan beasiswa, salah satu dokumen yang harus ada adalah curriculum vitae (CV) untuk beasiswa.

Melalui CV, penyedia beasiswa melakukan seleksi apakah si pelamar beasiswa memang layak atau tidak. Seleksi beasiswa umumnya berlangsung cukup ketat mengingat banyaknya peminat dari program pendidikan tersebut. Sehingga membuat CV untuk beasiswa perlu dilakukan sungguh-sungguh.

Baca juga: 10 Kampus Swasta Buka Beasiswa 2022, Bebas Uang Kuliah hingga 100 Persen

Berikut cara membuat CV untuk beasiswa, merangkum laman Quipper Indonesia:

Cara membuat CV untuk beasiswa

CV untuk beasiswa adalah daftar riwayat hidup yang dibuat khusus untuk mengajukan atau mendaftar program beasiswa.

Isi dari sebuah curriculum vitae sendiri antara lain data diri, riwayat pendidikan, prestasi akademik atau non-akademik yang pernah diraih, hingga keterampilan apa saja yang dimiliki.

Pembuatan dokumen ini diharuskan semenarik mungkin sehingga peluang lolos pendaftaran lebih besar.

Pada intinya, CV baik itu untuk pekerjaan atau untuk beasiswa harus dibuat menarik dan memiliki informasi yang dibutuhkan oleh penerima daftar riwayat hidup tersebut.

Menarik di sini bukan berarti isi dari dokumen ini dibuat berlebihan. CV yang menarik jug bukan berarti memiliki tampilan yang ramai atau banyak warna, tapi tetap sederhana dan mudah memahami informasi yang tertera.

Baca juga: 5 Beasiswa S2-S3 Tanpa Batas Usia, Kuliah Gratis dan Biaya Hidup

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.