Kompas.com - 21/02/2022, 16:33 WIB

KOMPAS.com - Mahasiswa pendidikan vokasi diharapkan siap masuk ke dunia kerja karena keterampilan yang dimiliki.

Selain keterampilan dan kompetensi yang diperoleh dari bangku perkuliahan, mahasiswa juga bisa menambah ilmu dari satuan pendidikan nonformal.

Sebagai salah satu satuan pendidikan nonformal, lembaga kursus dan pelatihan (LKP) sudah sejak lama menjadi rujukan bagi masyarakat yang memerlukan bekal keterampilan. Baik itu keterampilan hard skill dan soft skill untuk bekerja maupun memulai usaha.

Namun karena status LKP sebagai pendidikan nonformal, terkadang kursus dan pelatihan kerap dipandang sebelah mata.

Baca juga: Adaro Energy Buka Lowongan Kerja D3/S1 Fresh Graduate, Yuk Daftar

Padahal, dengan ikut kursus dan pelatihan, kamu bisa lebih fokus untuk membekali diri dengan hard skill dan soft skill yang sesuai bakat dan minatmu. Selain itu, waktunya juga relatif singkat.

5 keuntungan ikut kursus

Merangkum dari laman Direktorat Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Senin (21/2/2022), ada sejumlah keuntungan mengikuti kursus dan pelatihan. Mau tahu apa saja keuntungannya ikut kursus? Yuk simak informasi berikut ini:

1. Menambah skill baru

Ada banyak sekali jenis kursus yang tersedia di Indonesia. Setidaknya ada lebih dari 17.000 LKP di Indonesia dengan beragam kompetensi keahlian yang selalu berkembang mengikuti perkembangan zaman. Seperti kompetensi barista, desain grafis, digital marketing, dan sebagainya. Jadi, kamu bisa pilih skill apa yang sedang dibutuhkan.

Baca juga: Orangtua, Ini 5 Manfaat Bermain dan Belajar di Alam bagi Anak

2. Menambah pertemanan

Dengan mengikuti kursus, artinya kamu akan bertemu dengan orang-orang baru yang memiliki minat sama. Sehingga relasimu sudah pasti akan bertambah. Bahkan bisa saja, ini menjadi peluang baru di masa yang akan datang. Bisa saja terkait informasi lowongan pekerjaan atau bahkan peluang untuk membuka usaha bersama relasi barumu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.