Kompas.com - 22/02/2022, 14:28 WIB

KOMPAS.com - Dalam bidang kesehatan, tidak hanya membutuhkan lulusan dari pendidikan dokter, perawat maupun farmasi. Namun banyak profesi lain yang saling menunjang satu sama lain.

Selain membutuhkan diagnosa dari para ahli, tenaga kesehatan juga membutuhkan sentuhan teknologi untuk membantu kinerja mereka.

Saat ini, salah satu program studi (prodi) yang makin diminati adalah Biomedik. Peminat prodi Biomedik ini semakin tinggi juga karena inovasi pelayanan kesehatan untuk peningkatan taraf hidup manusia yang meningkat. Khususnya pada sistem, perangkat, bahan, maupun kondisi infrastruktur kesehatan juga semakin dibutuhkan.

Hal ini juga menjadi latar belakang berdirinya program studi Teknik Biomedik di Institut Teknlogi Sumatera (Itera) Lampung.

Baca juga: Kuliah Tamu ITS: Sandi Bisa Diretas, Biometrik Solusi Keamanan Digital

Satu-satunya prodi Teknik Biomedik di Sumatera

Menurut dosen Teknik Biomedik Itera, Rudi Setiawan, prodi Teknik Biomedik memiliki dua fokus utama keilmuan yaitu instrumentasi dan pencitraan biomedis, biometarial.

Selain tergolong program studi teknik baru, Teknik Biomedik di Itera saat ini prodi pertama dan satu-satunya di Sumatera.

"Prodi Teknik Biomedik mempelajari keilmuan multidisiplin dari berbagai ilmu keteknikan dan Sains seperti Biologi, Kimia, Fisika, dan Matematika. Serta ilmu kedokteran untuk diterapkan dalam teknologi biomedik," jelas Rudi seperti dikutip dari laman Itera, Selasa (22/2/2022).

Secara terperinci di prodi ini mahasiswa juga akan mempelajari mengenai anotami tubuh manusia, biokimia, sel dan jaringan.

Baca juga: Adaro Energy Buka Lowongan Kerja D3/S1 Fresh Graduate, Yuk Daftar

Biomedik pelajari multidisiplin

Rudi menyampaikan, seiring berkembangnya zaman dan pola kehidupan manusia, perubahan dalam mekanisme kehidupan dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit yang kompleks.

Dalam hal ini Teknik Biomedik berperan dalam mengupayakan peningkatan pelayanan di dunia kesehatan. Contohnya dalam hal deteksi dini, diagnosa, terapi, rehabilitasi dan penyembuhan berbagai penyakit. Seperti pemasangan chip ring pada penyakit jantung, hingga PCR dan Genose untuk mendeteksi Covid-19.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.