Kompas.com - 27/02/2022, 07:15 WIB

KOMPAS.com - Bagi para siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi mungkin ada yang bingung memilih jurusan kuliah.

Selain harus sesuai bakat dan minat, salah satu pertimbangan dalam menentukan jurusan kuliah adalah prospek kerja setelah lulus.

Terkadang ada jurusan kuliah yang tidak populer namun peluang kerja setelah lulus justru terbuka lebar. Bahkan lulusan dari sejumlah jurusan akan mempunyai ilmu yang sangat dibutuhkan untuk mengatasi suatu permasalahan.

Seperti salah satu program studi (prodi) yang ada di Institut Teknologi Sumatera (Itera) Lampung yakni prodi Rekayasa Tata Kelola Air Terpadu (TKA).

Baca juga: Lowongan Kerja Bank BTN bagi Lulusan D3, Buruan Daftar

Lulusan prodi Tata Kelola Air Terpadu banyak dibutuhkan

Rekayasa Tata Kelola Air Terpadu merupakan prodi pertama dan satu-satunya di Indonesia yang lulusannya dibutuhkan Sumatera dan nasional.

Prodi ini didirikan lantaran permasalahan banjir dan kekeringan yang masih kerap terjadi di sejumlah daerah di Indonesia termasuk di Pulau Sumatera.

Dosen Program Studi Rekayasa Tata Kelola Air Terpadu Itera Rahma Yanda menjelaskan, prodi TKA Itera terbentuk pada 22 September 2021 silam. Saat ini prodi TKA sudah memiliki mahasiswa angkatan pertama sebanyak 10 orang.

Rahma Yanda menerangkan, prodi TKA Itera merupakan prodi yang mengintegrasikan ilmu, teknologi, kerekayasaan, manajemen dan tata kelola air.

Baca juga: Akademisi IPB Beberkan Tips Ampuh Hindari Cyber Crime

Prodi ini memiliki kurikulum yang berfokus pada bidang keairan, dan akuntabilitas dalam pengelolaan dan pemanfaatan air.

"Kami hadir untuk mencari solusi terkait permasalahan air yang ada di Indonesia, dengan mengoptimalkan kuantitas dan kualitas air yang masuk dan turun. Sehingga bisa terserap dengan baik ke tanah dan bisa dipergunakan dengan baik melalui metode modeling dan simulasi," terang Rahma Yanda seperti dikutip dari laman Itera, Sabtu (26/2/2022).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.