Kompas.com - 27/02/2022, 17:13 WIB

KOMPAS.com - Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad), Prof. Rina Indiastuti mengatakan bahwa Unpad berkomitmen mendorong mahasiswa menyalurkan minat dan bakatnya melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digulirkan Kemendikbud Ristek.

Festival Kampus Merdeka 3.0 yang digelar secara hybrid dari Studio Hybrid Gedung Perpustakaan Pusat Unpad di kampus Jatinangor, Sabtu (26/2/2022) lalu, menjadi upaya Unpad mendukung keberlanjutan MBKM.

“Ini adalah sebagai bentuk support dalam membuat keberlanjutan program MBKM di kampus Unpad,” kata Prof. Rina seperti dilansir dari laman Unpad.

Prof. Rina mengatakan, guna mendorong mahasiswa menyalurkan minat dan bakatnya, prodi didorong untuk menyiapkan metode agar mahasiswa dapat mempelajari ilmu pengetahuan lain yang sesuai minat, bakat, dan keingintahuannya tanpa mengganggu capaian pembelajaran.

Baca juga: 8 Kampus Terbaik Indonesia 2022 yang Lulusannya Cepat Dapat Kerja

Melalui metode ini, lulusan Unpad diharapkan tidak hanya memiliki kompetensi sesuai prodi, namun juga memiliki karakter dan prestasi ketika terjun di masyarakat.

“MBKM bagi kami itu adalah tetap menjamin capaian pembelajaran sekaligus membekali potensi prestasi ikutan bagi mahasiswa kapan pun dan di mana pun,” kata Prof. Rina.

Selain mendorong prodi menyiapkan kurikulum yang efektif, kegiatan ini juga menjadi ajang berbagi pengalaman dan menjalin kerja sama antar prodi.

Rektor mengatakan, ada beberapa prodi yang mungkin sudah memiliki strategi pas dalam melaksanakan MBKM.

Strategi ini tidak hanya dalam penerapan cara, konversi SKS, atau hal teknis lainnya. Akan tetapi, bagaimana upaya prodi menjalin kerja sama dengan mitra dalam mendukung MBKM.

“Bisa juga mitra-mitra ini dimanfaatkan prodi lainnya. Lewat festival ini bisa manfaatkan prodi untuk menjalin banyak mitra,” kata Rektor.

Baca juga: 5 Beasiswa S2-S3 Tanpa Batas Usia, Kuliah Gratis dan Biaya Hidup

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.