Kompas.com - 01/03/2022, 15:21 WIB
|

KOMPAS.com - Bagi mahasiswa yang sudah di semester akhir tentu harus persiapan untuk mengerjakan tugas akhir atau skripsi. Ini dilakukan sebagai syarat untuk tamat kuliah.

Tapi terkadang mahasiswa masih bingung bagaimana menentukan judul skripsi/tugas akhir yang menarik dan bagus. Selain itu, mahasiswa juga harus mengalahkan rasa malas untuk mengerjakan skripsi.

Melansir laman Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara, berikut ini 10 tips memilih judul skripsi atau tugas akhir yang menarik:

1. Menemukan masalah dan tentukan judul

Hal yang seharusnya dilakukan terlebih dahulu yakni mencari suatu topik permasalahan, topik penelitian yang bisa diangkat menjadi topik/tema/judul skripsi.

Baca juga: Mahasiswa, Pahami Perbedaan Skripsi, Tesis dan Disertasi

Menentukan suatu topik skripsi yang berasumsi dari suatu masalah membuat Anda akan leluasa dalam mengembangkan ide, metode dan solusi dalam penyusunan skripsi Anda.

2. Pilih judul/tema yang bisa diselesaikan tepat waktu

Coba pertimbangkan alokasi waktu dalam memilih judul skripsi, pilihlah judul skripsi yang bisa Anda selesaikan, karena jangan sampai Anda memilih judul yang sulit dengan kombinasi beberapa variabel.

Sehingga di tengah proses penyusunan skripsi, Anda memilih menyerah dan hendak mengganti judul skripsi. Maka dari itu Anda dituntut bijak dalam memilih skripsi.

3. Harus relevan dengan jurusanmu

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.