Kompas.com - 02/03/2022, 15:19 WIB
|

KOMPAS.com - Sebelum melamar pekerjaan, kamu harus menyiapkan semuanya dengan baik. Tak hanya curriculum vitae (CV), ternyata kamu juga butuh portofolio.

Apa itu portofolio? Apakah sama dengan CV atau resume? Ternyata portofolio kerja itu berbeda. Bagi para lulusan baru (fresh graduate) tentu harus paham.

Melansir laman KitaLulus, berikut ini 7 cara membuat portofolio lamaran kerja yang baik dan efektif.

Baca juga: KitaLulus: Perhatikan Hal Ini Sebelum Tanda Tangan Surat Perjanjian Kerja

Portofolio adalah kumpulan dokumen yang berisikan hasil karya dari pekerjaan yang pernah kita lakukan. Selain itu, portofolio juga dapat berisi mengenai riwayat organisasi atau pekerjaan serta pencapaian yang pernah kamu raih.

Selain itu, portofolio menjadi dokumentasi suatu perkembangan kemampuan dan pekerjaan yang telah kamu capai. Portofolio menjadi bukti performa kamu dalam bidang tertentu.

Sebagai contoh, kamu adalah seorang fotografer. Di dalam portofolio, kamu bisa mencantumkan contoh hasil foto, hasil kreasi, atau karya apapun yang menunjukkan kemampuan fotografimu.

Cara membuat portofolio lamaran kerja

Karena portofolio itu adalah dokumen yang tidak memiliki struktur tertentu, maka kamu bisa membuat dan merancangnya sekreatif mungkin.

1. Membuat daftar isi

Hal pertama ialah membuat daftar isi. Dengan begitu, HRD yang membaca portofolio kamu akan lebih dimudahkan.

Mereka jadi bisa mengetahui apa saja informasi yang akan mereka dapatkan dalam portofolio lewat daftar isi.

Baca juga: Bingung Bikin Cover Letter? KitaLulus: Ini Lho Cara Membuatnya

2. Menulis data diri

Jangan lupa untuk menulis data diri dan dilampirkan. Tidak perlu panjang, cukup tulis nama lengkap, serta kontak seperti email, nomor telepon, atau media sosial.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.