Kompas.com - 03/03/2022, 17:17 WIB

KOMPAS.com - Seledri merupakan salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat sehat seledri ada pada bagian daunnya.

Ekstrak daun seledri dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya batu ginjal.

Topik inilah yang diangkat oleh tim dari Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin Universitas Airlangga (FTMM UNAIR) dalam Lomba Karya Poster Ilmiah Nasional (LKPIN) yang diselenggarakan oleh Edutainer Nusantara.

Tim beranggotakan dua mahasiswa jurusan Rekayasa Nanoteknologi tersebut meneliti tentang manfaat ekstrak daun seledri untuk batu ginjal.

Baca juga: Peneliti IPB: Tanaman Herbal Ini Berkhasiat Redakan Asam Urat

Poster ilmiah yang diberi judul “Pemanfaatan Ekstrak Daun Seledri untuk Batu Ginjal” itu berhasil membuat Alifya Putri Nurisca dan Tiara Cindy Prastika mendapatkan bronze medal.

Ide penelitian itu sendiri, ujar Alifya selaku ketua tim, berawal dari tugas mata kuliah yang meminta mahasiswa membuat bisnis tentang kesehatan yang belum pernah ada.

Alifya dan Tiara memutuskan untuk membuat powder nano dari ekstrak daun seledri yang bisa dicampurkan ke dalam makanan.

Kelebihan dari powder nano ini adalah ukurannya yang nano (kecil) sehingga bisa langsung mencapai target yaitu ginjal.

“Di dalam seledri terdapat kandungan kalium yang dapat menguraikan batu ginjal. Kandungan kalium tersebut kami buat menjadi nano agar lebih efektif untuk menguraikan batu ginjal,” jelas Alifya.

Baca juga: Sering Haus dan Ngantuk Bisa Jadi Gejala Diabetes, Ini Kata Dokter RS UNS

Alifya mengaku bahwa seluruh persiapan dilakukan secara singkat dan mendadak, sebab mereka berdua sibuk dengan tugas kuliah. Persiapan materi dan pembuatan poster, sambungnya, hanya dilakukan selama dua hari.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.