Kompas.com - 05/03/2022, 11:27 WIB

KOMPAS.com - Di tengah merebaknya Covid-19 varian Omicron, Indonesia juga tengah dilanda cuaca yang tak menentu.

Kondisi ini juga bisa menimbulkan penyakit apalagi saat daya tahan tubuh seseorang kurang bagus.

Sehingga belakangan ini juga banyak masyarakat yang mengeluhkan badan tidak enak atau merasakan "greges".

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) Chlara Yunita Prabawati menjelaskan, dari penelitian kesehatan yang dilakukan di negara-negara tropis khususnya di Indonesia ada beberapa penyakit yang rentan muncul.

Baca juga: Anak Usaha BUMN Kimia Farma Buka Lowongan bagi Lulusan S1 Apoteker

1. Demam berdarah

Seperti Demam Berdarah Dengue (DBD), diare, dan influenza (flu) adalah prevalence penyakit tertinggi yang sering menyerang anak hingga lanjut usia.

Menurut Chlara, Demam Berdarah Dengue (DBD) atau sering dikenal dengan istilah penyakit demam berdarah adalah penyakit tropis dengan kategori endemi.

Penyakit ini disebabkan oleh virus dengue (DENV) yang disebarkan oleh nyamuk spesies Aedes aegypti.

"Spesies nyamuk ini sangat suka bersarang di genangan air bersih. Sehingga harus diwaspadai proses perkembang biakan jentik nyamuk Aedes aegypti di musim hujan yang mendukung banyaknya nyamuk berkembang biak," kata Chlara seperti dikutip dari laman UM Surabaya, Sabtu (5/3/2022).

Baca juga: 7 Keahlian Jadi Incaran Perusahaan di Masa Depan, Mahasiswa Wajib Tahu

Dia menerangkan, sebanyak 68.000 kasus DBD dilaporkan terjadi di Indonesia dengan gejala utama demam dan adanya pateki (bintik merah pada permukaan kulit). Penyakit ini sangat rentan menyerang bayi hingga lanjut usia. Risiko tertinggi terserang penyakit DBD adalah terjadinya kecacatan hingga kematian.

2. Diare

Penyakit lain yang rentan menyerang di musim penghujan adalah diare. Diare disebabkan oleh bakteri, parasite dan virus yang mengkontaminasi air dan makanan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.