Kompas.com - 01/03/2022, 12:05 WIB

KOMPAS.com - Generasi muda saat ini dihadapkan dengan tantangan yang lebih besar. Apalagi di masa depan perkembangan teknologi pasti akan semakin pesat.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan di masa depan, anak muda didorong memiliki keterampilan saat menempuh pendidikan.

Karena di masa depan tidak menutup kemungkinan pekerjaan manusia yang bersifat repetitif akan digantikan dengan robot dengan kecerdasan buatan. Bahkan, menurut World Economic Forum (WEF) pada 2025, sekitar 85 juta pekerjaan akan mengalami pergeseran dari tenaga manusia ke mesin.

Sehingga, manusia harus memiliki beberapa skill atau kemampuan agar tidak dapat digantikan mesin di masa depan.

Baca juga: Dokter RSND Undip: Kombinasi Vaksin Booster Tidak Sembarangan

7 skill yang jadi incaran perusahaan di masa depan

Kepala BSI Career Center (BCC) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Rachmat Suryadithia menyebut ada 7 skill yang menjadi incaran perusahaan di masa depan. Mau tahu apa saja 7 skill yang jadi incaran perusahaan dan harus dimiliki anak muda? Yuk simak informasi berikut ini.

1. Social Intelligence

Rachmat mengatakan, manusia sebagai makhluk sosial mampu berinteraksi dengan manusia lain walau berada di bidang pekerjaan yang berbeda-beda. Kemampuan ini sangat dibutuhkan untuk membangun relasi dan networking terhadap individu lainnya.

"Social intelligence merupakan bentuk empati, kejujuran serta rasa kepercayaan diri dan mampu memberikan solusi terhadap permasalahan isu sosial," kata Rachmat seperti dikutip dari laman BSI, Selasa (1/3/2022).

2. Embracing Change

Rachmat mengungkapkan, skill ini juga menjadi incaran para perusahaan di masa depan. Pasalnya individu dianggap memiliki kemampuan atau ketangkasan secara cepat dalam beradaptasi dengan perubahan lingkungan kerja.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.