Kompas.com - 06/03/2022, 16:38 WIB
|

KOMPAS.com - Universitas terbaik di Indonesia masih didominasi berasal dari Pulau Jawa. Di tempat teratas diduduki oleh Universitas Indonesia (UI) dan tempat kedua ialah Universitas Gadjah Mada (UGM).

Hal itu berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh Webometrics Ranking of World Universities. Pada Januari 2022, lembaga ini merilis daftar universitas terbaik dunia termasuk di Indonesia tahun 2022.

Webometrics Ranking of World Universities diinisiasi Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset yang menjadi bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Cientificas (CSIC), badan riset publik terbesar di Spanyol.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2022, Siapa Teratas?

Sejak 2004 pemeringkatan ini bertujuan untuk mempromosikan open access terhadap pengetahuan yang dihasilkan perguruan tinggi. Puluhan ribu perguruan tinggi dari lebih 200 negara masuk daftar pemeringkatan.

Melansir laman Universitas Lampung (Unila), Jumat (4/3/2020), kampus ini menjadi yang teratas sebagai universitas terbaik di luar Pulau Jawa.

Prestasi itu ditunjukkan Unila bahwa pada pemeringkatan 2022 ini Unila berada di peringkat 10 sebagai universitas terbaik di Indonesia. Padahal pada 2021 Unila di posisi 25 terbaik di Indonesia.

Posisi tersebut menempatkan Unila sebagai universitas terbaik di luar Pulau Jawa versi Webometrics 2022.

Berdasarkan laman www.webometrics.info, dipublis juga posisi impact rank Universitas Lampung 818, oppennes rank 1525, dan excellence 3676.

Universitas terbaik di luar Pulau Jawa

Berikut daftar 10 universitas terbaik di luar Pulau Jawa versi Webometrics 2022:

1. Universitas Lampung (Unila), Lampung

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.