Kompas.com - 13/03/2022, 11:57 WIB

KOMPAS.com - Investasi saham di Indonesia naik sebesar 58 persen selama pandemi Covid-19. Namun, peningkatan jumlah investor ini dinilai kurang diiringi dengan edukasi optimal terkait saham syariah terutama di kalangan generasi muda.

Kondisi tersebut mendorong tim mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menghadirkan sebuah platform edukasi saham syariah, Arshaka Finance.

Arshaka Finance sendiri merupakan layanan edukasi saham dengan metode pembelajaran e-learning melalui website.

Dengan fitur learning path-nya, seseorang yang ingin belajar berinvestasi dapat mengakses pembelajaran mulai dari ilmu dasar saham hingga dapat melakukan investasi saham sendiri.

Baca juga: 5 Ciri Orang Cerdas Bukan Hanya Dilihat dari IQ, Kamu Punya Ciri-cirinya?

Uniknya, selain fitur utama tersebut, Arshaka Finance juga menyediakan layanan bimbingan konseling terutama bagi investor pemula. Hal ini dimaksudkan agar saat membeli atau menjual saham, investor pemula dapat mempertimbangkan dengan baik tanpa mengalami kepanikan.

Terdapat pula layanan berupa jurnal dan perencanaan investasi yang dapat mempermudah investor dalam memonitoring investasinya.

Ketua Tim Arshaka Finance, Fajrur Rido Ataubakumarwa menjelaskan bahwa saat ini sedang marak fenomena pompom, yakni aksi membeli saham tertentu yang dilakukan oleh tokoh terkenal di media sosial.

Hal ini berpengaruh terhadap generasi muda yang menjadi cenderung ikut-ikutan dalam berinvestasi tanpa paham betul risiko dari perusahaan yang dibeli sahamnya.

Selain itu, saat ini penekanan terhadap jenis-jenis saham syariah masih sangat minim. Padahal, beberapa orang menganggap hal tersebut sangat berhubungan dengan halal atau haramnya suatu investasi.

Baca juga: Beasiswa S1 ke Amerika Serikat 2022, Sebesar Rp 286 Juta Per Tahun

“Itulah yang akhirnya mendorong kami untuk merintis perusahaan edukasi saham yang memberikan keberkahan dan keuntungan bagi investor,” ungkap mahasiswa Departemen Teknik Sistem dan Industri tersebut seperti dilansir dari laman ITS.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.