Kompas.com - 16/03/2022, 19:22 WIB

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi digital saat ini memberikan banyak dampak bagi aktivitas manusia. Karena kebutuhan industri kerja, ahli komputer saat ini juga banyak dibutuhkan perusahaan-perusahaan. 

Sama seperti manusia, komputer juga memiliki cara berkomunikasi. Namun bahasa yang dipakai komputer bukanlah bahasa manusia, melainkan kode atau bahasa mesin.

Struktur bahasa mesin sangat sederhana karena hanya terdiri dari dua angka, yakni digit 0 dan 1 atau sering disebut biner.

 

 

Sebagai solusinya, lahirlah bahasa pemrograman (coding) sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan komputer. Tanpa adanya coding dari programmer, komputer tidak bisa berfungsi dan hanya berupa tumpukan besi biasa.

Baca juga: UMM Buka Beasiswa Talenta Unggul 2022, Bebas SPP hingga Lulus

Aktivitas coding ternyata juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah lho. Berikut 6 cara menghasilkan uang dari coding ala dosen Teknik Informatika Universitas Pasundan (Unpas), Sandhika Galih.

Melansir dari laman Unpas, Rabu (16/3/2022), berikut 6 cara agar bisa menghasilkan uang dari coding:

1. Bekerja di perusahaan

Lulusan Informatika bisa bekerja di perusahaan sebagai back end developer, web developer, app developer, software engineer, UX designer, dan profesi lainnya.

Keuntungan yang bisa diperoleh ketika bekerja sebagai programmer di perusahaan adalah pendapatan stabil, memperoleh tunjangan, dan lain-lain yang melebihi ekspetasi. Kamu juga akan mendapatkan jenjang karier yang baik.

2. Menjadi freelancer atau pekerja lepas

Selain bekerja menjadi karyawan tetap perusahaan, kamu bisa menjadi freelancer dan tidak terikat dengan perusahaan apa pun. Keuntungan yang diperoleh apabila menjadi seorang freelancer adalah bisa menentukan sendiri pendapatan yang diinginkan.

Baca juga: Alasan Dibalik Perilaku Flexing Menurut Dosen UM Surabaya

Kamu bisa mencari proyek freelance yang sesuai dengan skill dan kemampuanmu. Penghasilan dari freelance bisa jauh lebih besar daripada bekerja di perusahaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.