Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Management Bisnis ITS Buka Jalan Mahasiswa Raih 3 Gelar Sekaligus

Kompas.com - 22/03/2022, 16:43 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

Peresmian Program Double Degree Fast Track to Master antara ITS dengan Rennes School of Business, PrancisDok. Humas ITS Peresmian Program Double Degree Fast Track to Master antara ITS dengan Rennes School of Business, Prancis

KOMPAS.com - Berkolaborasi dengan Rennes School of Business (RSB), Prancis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melalui Departemen Manajemen Bisnis (MB) meresmikan Program Double Degree Fast Track to Master (DDFTM) atau Akselerasi Gelar Ganda menuju Magister.

Terdapat dua macam program gelar ganda yang ditawarkan bagi mahasiswa.

Pertama adalah pemerolehan dua gelar, yakni gelar sarjana (S1) manajemen atau SM oleh ITS dan gelar bachelor of management atau BBM dari RSB. Kedua adalah pemerolehan tiga gelar, yaitu gelar SM dari ITS, gelar BBM dan master of science atau MSc dari RSB.

Melalui program ini, mahasiswa nantinya dapat menempuh studi di RSB selama setahun. Adapun beberapa mata kuliah yang akan dihadapi oleh mahasiswa MB ITS di sana seperti etika bisnis, kewirausahaan dan inovasi, lingkungan bisnis internasional, dan berbagai mata kuliah lainnya.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran 2022: UGM, UI, Undip, Unpad

“Nantinya mahasiswa juga melakukan magang di Prancis,” terang Charles Quellec selaku South East Asia Area Manager RSB, seperti dilansir dari laman ITS.

Sekretaris Departemen MB ITS, Dewie Saktia Ardiantono menjelaskan bahwa program ini sendiri dapat dilakukan oleh calon mahasiswa yang mendaftar Program International Undergraduate Program (IUP) MB ITS.

“Pendaftaran IUP akan diadakan dalam beberapa gelombang dan yang pertama telah dibuka 14 Februari lalu,” tambahnya.

Sementara Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITS, Adi Soeprijanto mengungkapkan harapannya bahwa dengan adanya kolaborasi ini mahasiswa ITS dapat berani untuk melakukan studi di luar negeri, terutama Prancis.

“Semoga kolaborasi ini bisa berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi ITS, RSB, negara, dan diri sendiri,” harap dia.

Baca juga: Uang Saku Di Atas Rp 10 Juta Per Bulan, Daftar 10 Beasiswa S1-S2 Ini

Dekan Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD) ITS, Imam Baihaqi memiliki harapan yang sama bahwa MB ITS dapat menciptakan mahasiswa yang siap untuk menjadi pemimpin bisnis di masa yang akan datang.

“Kami tunggu kontribusi dari para mahasiswa MB ITS tidak hanya untuk almamater namun juga untuk Indonesia maupun dunia,” pungkasnya dengan penuh harap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com