Kompas.com - 24/03/2022, 19:11 WIB

KOMPAS.com - Buah pisang termasuk buah yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Bahkan buah pisang bisa ditemukan di sepanjang musim.

Selain bisa langsung dimakan langsung, pisang juga bisa diolah menjadi berbagai makanan lainnya.

Karena kandungan pisang yang sangat bagus dan praktis untuk dimakan, masyarakat Indonesia juga sering memakan pisang untuk sarapan.

Tapi apakah aman mengonsumsi buah pisang dalam kondisi perut kosong? Guru Besar Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Ahmad Sulaeman memberikan penjelasannya.

Baca juga: Kimia Farma Grup Buka Lowongan Kerja bagi D3-S1, Buruan Daftar

Prof. Ahmad Sulaeman menegaskan, pisang itu aman mau dikonsumsi dalam bentuk mentah atau tanpa pengolahan terlebih dahulu.

Pisang aman dikonsumsi untuk sarapan

Ataupun dimakan dengan diolah terlebih dahulu. Bisa dengan cara digoreng, kukus atau dimasak menjadi kolak.

"Itu aman, pisang meja itu. Tidak ada masalah dengan pisang dimakan untuk sarapan. Yang penting memang pisang tersebut kalau mentah itu pisang meja. Tapi harus dibedakan pisang meja dan pisang plantain," papar Prof. Ahmad Sulaeman seperti dikutip dari kanal YouTube IPB TV, Kamis (24/3/2022).

Prof. Ahmad menambahkan, pisang plantain adalah pisang yang harus diolah lebih dahulu. Seperti jenis pisang nangka dan pisang tanduk.

Baca juga: 7 Jenis Teknik Arsiran serta Penjelasannya, Siswa SMK Yuk Belajar

Dia menambahkan, pisang plantain memiliki rasa  yang agak asam kalau dimakan sembarangan. Sehingga bisa menimbulkan gangguan pada perut.

Kandungan dalam pisang

Kandungan yang dimiliki pisang menjadi alasan pisang aman dimakan meski perut dalam kondisi kosong. Berikut kandungan pisang yang bagus untuk kesehatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.