Kompas.com - 27/03/2022, 11:12 WIB

KOMPAS.com - Kendaraan yang memiliki bahan bakar lingkungan menjadi kebutuhan di masa sekarang dan masa depan.

Pasalnya sebagai penguni bumi, manusia harus menjaga kelestarian lingkungan. Tidak hanya di masa sekarang tapi juga untuk masa yang akan datang.

Sebagai salah satu bentuk kontribusi untuk menjaga lingkungan, Institut Teknologi Sumatera (Itera) resmi meluncurkan Mobil Desa Berbahan Bakar Minyak Sawit Murni yang diberi nama CEPOV ITERA-1.

Mobil dengan nama Combustion Engine Palm Oil Vehicle atau CEPOV ITERA 1 yang dibuat tim dosen dan mahasiswa program studi Teknik Mesin Itera ini memanfaatkan minyak nabati sebagai bahan bakar untuk menggantikan bahan bakar fosil.

Baca juga: Tertarik Kuliah Pascasarjana Gratis di ITB? Daftar Beasiswa GTA 2022

Ciptakan mobil desa berbahan bakar minyak sawit

Mobil CEPOV ITERA-1 diluncurkan bersamaan dengan Sidang Terbuka Wisuda ke-10 Itera, Sabtu (26/3/2022).

Rektor Itera Prof. Mitra Djamal secara resmi meluncurkan karya Itera dengan simbolis pemotongan pita dan mengendarai CEPOV ITERA-1 di hadapan para wisudawan dan tamu undangan.

"Mobil desa ramah lingkungan karya Itera ini, menjadi jawaban atas kebutuhan masyarakat pedesaan yang kesulitan mengakses bahan bakar. Seperti solar atau bensin karena akses desa yang sulit dan minimnya pasokan bahan bakar," terang Rektor Prof. Mitra Djamal seperti dikutip dari laman Itera, Minggu (27/3/2022).

Solusi kendaraan berbahan bakar nonfosil

Menurut Rektor, mobil CEPOV ITERA-1 juga menjadi solusi pengembangan kendaraan berbahan bakar nonfosil yang lebih ramah lingungan.

Baca juga: Webinar Undip: Masyarakat Perlu Sadari Bahaya Gangguan Makan

Kedepan Itera akan terus mengembangkan mobil desa yang saat ini masih dalam tahap prototipe.

Bahkan Itera juga berencana memasarkannya dengan harga yang terjangkau ke desa-desa yang ada di Sumatera. Untuk pemasaran diawali dengan desa di Lampung.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.