Kompas.com - 28/03/2022, 12:52 WIB
|

KOMPAS.com - Dalam proses wawancara kerja, tentu sering dijumpai berbagai macam pertanyaan dari HRD. Salah satunya pertanyaan "Apa kekurangan diri Anda?"

Meski ini adalah pertanyaan yang sederhana, tetapi jika salah jawab atau kamu grogi, maka kesempatan kamu dapat pekerjaan yang kamu lamar itu bisa gagal.

Tapi, kamu tak perlu khawatir. Bagi para lulusan baru (fresh graduate), berikut ini dijabarkan contoh kekurangan diri saat wawancara kerja.

Baca juga: Jangan Terjebak Perjanjian Kerja, Fresh Graduate Perhatikan Hal Ini

Melansir laman KitaLulus, pertanyaan simpel ini bukan untuk mengetahui benar atau salah. Tetapi untuk mengetahui seberapa kenal kamu dengan diri kamu sendiri dan cara berpikir yang baik.

Tentu, HRD juga ingin melihat apakah kamu mau bersikap terbuka dan jujur, terlebih saat disudutkan dengan beberapa pertanyaan berat.

Berikut ini cara menjawabnya:

  • Beri contoh kekurangan diri yang tak ada kaitannya dengan pekerjaan.
  • Kelemahan dirimu bukan berarti meremehkan diri.

7 contoh kekurangan diri

Bagi para fresh graduate tentu masih belum paham dengan kekurangan diri. Atau belum mengenal apa kelemahan diri. Maka, penting memahami contoh kekurangan diri yang justru bisa jadi jawaban.

1. Belum punya pengalaman

Ini sudah umum terutama bagi fresh graduate. Untuk menutup kekurangan itu, maka kamu dapat menambahkan bahwa kamu akan terus belajar demi meningkatkan kemampuan.

Baca juga: Ingin Wawancara Kerja? Ini 9 Tips Memilih Baju agar Dilirik HRD

Coba pastikan kamu memperlihatkan ketertarikan yang tinggi terhadap posisi yang sedang kamu lamar. Maka, HRD bisa melihat kamu memang ingin bekerja dan mengembangkan diri.

2. Tak menguasai bahasa asing

Kamu bisa menjawab ini. Tetapi kamu juga harus mengasah lagi, belajar dan mempelajari bahasa tersebut melalui kursus online atau bisa juga dari buku.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.