Kompas.com - 03/04/2022, 07:12 WIB

KOMPAS.com - Karena adanya pandemi Covid-19, siswa dan mahasiswa di Indonesia harus mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Untungnya kondisi ini dipermudah dengan kemajuan teknologi yang tersedia di era sekarang. Sehingga seseorang tetap bisa belajar meski tidak bertemu dengan guru atau tenaga pengajar secara langsung.

Dengan kemajuan teknologi ini pula, calon mahasiswa yang ingin mendapatkan gelar dari universitas luar negeri juga makin mudah.

Pasalnya ada beberapa universitas luar negeri yang menyediakan fasilitas kuliah jarak jauh atau program distance learning.

Baca juga: Kemendikbud Buka Rekrutmen Asesor Seleksi Program PPG, Ini Syaratnya

Dengan program ini, mahasiswa tetap bisa memperoleh gelar yang sama seperti mahasiswa reguler yang mengambil perkuliahan langsung di kampus.

Melansir dari laman konsultan pendidikan luar negeri, ICAN Education, Minggu (3/4/2022), ada beberapa keuntungan mengambil program kuliah online yaitu bisa tetap mengikuti perkuliahan darimana saja.

Dengan catatan, tersedia fasilitas internet yang memadai. Salah satu keuntungan mengikuti program kuliah jarak jauh yakni menghemat biaya hidup jika harus mengikuti perkuliahan langsung di luar negeri. Berikut 3 universitas luar negeri yang menyediakan program kuliah jarak jauh.

Universitas di luar negeri dengan program e-learning

1. New Mexico University

Lembaga perguruan tinggi ini menawarkan perkuliahan online. Para lulusannya banyak yang populer di dunia karena keunggulan universitas tersebut adalah proses belajar online yang sangat fleksibel.

Baca juga: PAMA Buka Lowongan Kerja Lulusan S1 Banyak Jurusan, Ayo Daftar

Meski menjalani program e-learning, pihak universitas punya komitmen kuat supaya para lulusan punya kualitas sama dengan lulusan mahasiswa reguler yang ikut kuliah offline. Program perkuliahan berjalan lancar selama 8 minggu. Terdapat juga tes ujian sampai lima kali untuk satu tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.