Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Mahasiswa, Intip Tips Sukses Lolos UTBK SBMPTN 2022 dari Unesa

Kompas.com - 02/04/2022, 06:24 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Siswa yang gagal di jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 bisa memanfaatkan jalur Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2022.

Pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 sudah dibuka sejak 23 Maret dan akan ditutup pada 15 April 2022 mendatang.

Saat mendaftar SNMPTN 2022 maupun UTBK SBMPTN, siswa harus menentukan program studi (prodi) di perguruan tinggi incarannya.

Bagi calon pendaftar UTBK SBMPTN 2022 yang bingung memilih prodi, berikut tips berikut plus kiat manaklukan UTBK dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa):

Baca juga: Kemendikbud Buka Rekrutmen Asesor Seleksi Program PPG, Ini Syaratnya

1. Kenali diri sendiri

Kaprodi Bimbingan Konseling Unesa Retno Tri Hariastuti menerangkan, salah satu hal yang perlu dilakukan saat memilih prodi yakni memahami diri dan potensi diri penting. Calon mahasiswa perlu mengidentifikasi, utamanya minat dan bakat.

"Cobalah bertanya pada diri sendiri, apa aktivitas kesukaan atau hobi kita selama ini? Kita biasanya mahir di bidang apa? Lalu, profesi atau pekerjaan apa yang paling kita sukai nanti?," terang Retno seperti dikutip dari laman Unesa, Sabtu (2/4/2022).

Menurutnya, jika calon mahasiswa merasa suka menulis atau desain, pilihlah jurusan atau prodi yang berkaitan dengan kepenulisan atau desain. Jika merasa senang dan punya kemampuan public speaking dan tampil di depan umum, ambilah jurusan yang linear dengan itu.

"Jika senang olahraga, punya kemampuan olahraga dan ingin berkarier bidang olahraga, prodi keolahragaan bisa jadi tempat berlabuh," jelas Retno.

Baca juga: Tips Memasak Nasi Putih Rendah Gula dari Dosen IPB, Yuk Coba di Rumah

2. Saran orang terdekat

Retno menambahkan, jika masih ragu dengan potensi serta bakat sendiri. Cobalah meminta saran atau masukan dari orangtua atau orang terdekat. Bisa juga berdiskusi dengan guru. Ini bisa membantu.

3. Identifikasi prodi

Setelah memahami potensi diri, lanjut Retno, selanjutnya calon mahasiswa bisa mencari tahu prodi yang berkaitan dengan potensi dan apa saja yang dipelajari di prodi tersebut. Jika peserta punya kemampuan, minat dan ingin berkarier di bidang olahraga. Kira-kira prodi mana yang berkaitan dengan olahraga.

Di Unesa ada prodi S1 Ilmu Keolahragaan, S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga, pun ada S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi. Selain prodi ini, Unesa memiliki 71 prodi lainnya yang bernaung di 7 fakultas.

"Jangan hanya berpikir bagaimana cara bisa lolos di prodi tertentu. Tetapi pikirkan juga proses kuliah, lulus dan setelah lulus nanti," tandas Retno.

Baca juga: Amankah Mengonsumsi Pisang Saat Perut Kosong? Ini Kata Guru Besar IPB

4. Riset keketatan prodi

Dia menekankan, calon mahasiswa bisa membuat daftar prodi-prodi yang berkaitan dengan kemampuan, minat dan karier masa depan.

Kemudian langkah berikutnya adalah riset keketatan prodi untuk mengetahui tingkat persaingan prodi-prodi dalam daftar pilihan dan sesuaikan dengan kemampuan. Biasanya, prodi dengan keketatan sedang atau rendah, peluang lolosnya lebih besar.

Sementara itu Ketua Satuan Admisi Unesa Sukarmin memaparkan, berkaca pada jalur SNMPTN 2022, ada 10 prodi dengan peminatan tertinggi di Unesa yaitu:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com