Kompas.com - 03/04/2022, 08:10 WIB

KOMPAS.com - Program studi (prodi) di perguruan tinggi bisa terus bertambah seiring perubahan zaman. Salah satu jurusan yang kini makin diminati calon mahasiswa adalah Aktuaria.

Ilmu Aktuaria dikenal dengan ilmu asuransi atau pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Jurusan ini merupakan gabungan dari beberapa bidang ilmu seperti Matematika, Peluang dan Statiska, Ekonomi, Keuangan serta Komputasi. 

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya termasuk perguruan tinggi di Indonesia yang menyediakan jurusan Aktuaria.

Departemen Aktuaria ITS resmi didirikan pada 2018 lalu dan telah meluluskan talenta-talenta terbaik untuk pertama kalinya. Aktuaria ITS telah meluluskan empat mahasiswa angkatan pertamanya pada wisuda ke-125.

Baca juga: Kemendikbud Buka Rekrutmen Asesor Seleksi Program PPG, Ini Syaratnya

Keunggulan lulusan jurusan Aktuaria ITS

Kepala Departemen Aktuaria ITS Soehardjoepri mengatakan, hanya 60 mahasiswa yang diterima yang menjadi angkatan pertama Departemen Aktuaria ITS pada tahun 2018 silam. Jumlah tersebut berhasil diterima dari 3.500 hingga 4.000 pendaftar di jurusan Aktuaria ITS.

"Dari 2018 hingga saat ini, Aktuaria ITS terus meningkatkan kuota yang diterima karena setiap tahun memiliki peminat yang jumlahnya tidak sedikit," kata Soehardjoepri seperti dikutip dari laman ITS, Minggu (3/4/2022).

Jupri mengungkapkan, jurusan Aktuaria ITS memiliki ciri khas tersendiri dibanding jurusan Aktuaria di universitas lainnya. Yaitu perbedaan dari segi bidang peminatannya.

Aktuaria ITS memiliki tiga bidang peminatan yang berkorelasi dengan fakultas lain yang ada di ITS. Yakni aktuaria bencana, aktuaria kelautan, dan aktuaria syariah merupakan peminatan yang terdapat di ITS.

Baca juga: PAMA Buka Lowongan Kerja Lulusan S1 Banyak Jurusan, Ayo Daftar

Tak hanya berkorelasi dengan fakultas di ITS, peminatan ini pun sangat cocok dengan keperluan yang dimiliki Indonesia. Sehingga lulusan Aktuaria ITS bisa merambah ke berbagai bidang yang ada di Indonesia.

"Seorang aktuaris lulusan ITS lebih berpotensi karena memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan lulusan aktuaria dari universitas lain," ungkapnya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.