Kompas.com - 03/04/2022, 12:04 WIB

KOMPAS.com - Bonggol pisang atau batang pisang bagian bawah yang belum termanfaatkan secara optimal kini menjadi ladang penghasilan bagi Hera Wijaya.

Alumni Jurusan Administrasi Perkantoran SMKN 1 Indramayu, Jawa Barat, tersebut berhasil mengolah bonggol pisang menjadi makanan ringan berupa kerupuk dengan kemasan yang ciamik.

Bahkan, produk olahan bermerek Abopink Bongsang itu kini telah mampu menembus pasar swalayan dan juga mudah didapatkan di toko online.

Baca juga: Murid Kelas 10 Kreasikan Tenun Jadi Fesyen Milenial, Beromzet Ratusan Juta

Dari jualan roti hingga pulsa

Hera mengatakan, usaha camilan berbahan bonggol pisang ini bukan yang pertama kali ia lakukan.

“Dari SMK memang sudah senang berbisnis. Dulu sebelum bisnis Bongsang ini, saya pernah usaha jualan roti dan pulsa. Untungnya, ya, lumayan untuk jajan-jajan anak SMK,” ungkap Hera seperti dilansir dari laman Vokasi Kemendikbud Ristek.

Ia bercerita, ide usaha ini berawal dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Kala itu Hera mengusung pemanfaatan limbah yang tidak terpakai sebagai alternatif tugasnya.

Pasalnya, Hera kerap melihat petani membuang bonggol pisang usai panen dan melakukan ekspor. Dari situ, lahirlah ide untuk mengolah bonggol pisang menjadi makanan ringan dan bergizi yang diberi nama Abopink Bongsang.

“Ide membuat olahan dari bonggol pisang ini muncul sudah lama sekali, bahkan mendiang kakek pernah mengajarkan bahwa bonggol pisang bisa direbus air garam dan dikonsumsi,” tutur Hera.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 1 Tahun Lulusan SMA-SMK dan D1-S1, Segera Daftar

Kebermanfaatan untuk sekitar

Pria kelahiran Indramayu tersebut mengakui, motivasi awal merealisasikan ide mengenai pengolahan bonggol pisang adalah penghargaan dan pencapaian dari publik atau media.

Akan tetapi, kini kebermanfaatan dan dampak yang dirasakan lingkungan sekitar menjadi motivasi paling besar bagi Hera dalam mengembangkan Abopink Bongsang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.