Kompas.com - 03/04/2022, 09:01 WIB
|

KOMPAS.com - Bagi siswa atau mahasiswa yang menjalankan ibadah puasa harus tetap bisa membagi waktu untuk berolahraga.

Hal ini penting karena tubuh tetap butuh aktivitas untuk meningkatkan imun. Terlebih saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Selain itu, olahraga juga dapat mengurangi tingkat stres dengan melepaskan hormon endorfin yang bisa mendongkrak suasana hati. Dengan stres yang lebih terkontrol, daya tahan tubuh senantiasa bisa optimal.

Baca juga: Tips Olahraga yang Tepat Saat Pandemi dari Stikes Panti Kosala

Karena itu, penting sekali berolahraga saat bulan puasa bagi siswa maupun mahasiswa. Terlebih di bulan Ramadhan 2022 ini.

Olahraga saat puasa

Melansir laman Dinkes Kabupaten Kukar, ini 3 waktu terbaik olahraga saat puasa:

Sebelum berbuka puasa

Waktu terbaik untuk olahraga saat puasa ialah sebelum berbuka puasa. Hal ini sangat bagus untuk membakar lemak lebih banyak, sehingga efektif menurunkan berat badan.

Setelah berolahraga, yang tentunya menggunakan sisa energi, kamu bisa langsung makan saat buka puasa untuk menggantikan energi yang hilang.

Sehingga kamu tidak perlu khawatir akan mengalami gula darah rendah atau dehidrasi. Hal inilah yang menyebabkan berolahraga sebelum buka puasa merupakan waktu terbaik.

Akan tetapi, kamu tidak boleh memaksakan diri untuk berolahraga secara berlebihan.

Baca juga: Stikes Panti Kosala: Ini Manfaat Temulawak bagi Tubuh

Pasalnya, kamu masih dalam keadaan puasa dengan sisa energi yang sedikit, sehingga olahraga yang dilakukan perlu dibatasi, tidak lebih dari 60 menit.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.