Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa, Kenali Sosok Marie Thomas Dokter Perempuan Pertama di Indonesia

Kompas.com - 04/04/2022, 06:16 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Profesi dokter menjadi profesi yang selalu dibutuhkan dari masa ke masa. Pasalnya ilmu yang dimiliki dokter sangat bermanfaat bagi masyarakat. Terlebih bagi masyarakat yang sedang sakit dan butuh pengobatan.

Ilmu kedokteran pun selalu mengalami perkembangan. Saat ini suatu penyakit setelah dideteksi, bisa ditangani cepat dengan ilmu kedokteran dan perlengkapan yang semakin canggih.

Saat ini perguruan tinggi juga sudah banyak yang menawarkan Fakultas Kedokteran. Baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. Siswa yang punya cita-cita menjadi dokter pun bisa dengan mudah memilih jurusan Kedokteran di kampus pilihannya.

Kondisi ini tentu berbeda di zaman dahulu dimana tidak semua rakyat Indonesia bisa sekolah, bahkan bisa mengenyam pendidikan dokter.

Baca juga: Indofood Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMK dan S1, Yuk Daftar

Dokter perempuan pertama di Indonesia

Tetapi tahukah kamu bahwa ada salah satu sosok yang merupakan dokter perempuan pertama di Indonesia.

Sosok tersebut adalah Marie Thomas. Melansir dari laman Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan (Unpas), Minggu (3/4/2022), Marie Thomas merupakan perempuan Minahasa yang lahir pada 17 Februari 1896.

Sosok dokter perempuan pertama yang berasal dari Indonesia, Marie Thomas merupakan dokter yang menekuni bidang obstetri, ginekologi dan fokus pada bidang kebidanan.

Semasa hidupnya, Marie Thomas harus berkompetisi dengan dokter laki-laki.

Baca juga: Ini 6 Nama Bakal Calon Rektor Itera Lampung Periode 2022-2026

Dia juga menjadi satu-satunya perempuan yang berhasil masuk Sekolah Pendidikan Dokter Hindia Belanda (STOVIA) yang notabene sekolah khusus laki-laki dan berhasil lulus pada tahun 1922.

Marie Thomas memulai praktik di RS Cipto Mangungkusumo yang saat itu bernama School of Training of Native Physicians (STOVIA).

Dokter pertama yang mengenalkan metode kontrasepsi IUD

Saat menjalani profesi sebagai dokter, Marie Thomas sempat berpindah-pindah tugas. Mulai dari Medan, Padang, Manado dan kembali ke Jakarta. Marie Thomas kemudian bekerja di rumah sakit bersalin yang didirikan Yayasan Sovia.

Baca juga: PAMA Buka Lowongan Kerja Lulusan S1 Banyak Jurusan, Ayo Daftar

Kemudian pada 16 Maret 1929, dia menikah dengan seorang dokter, Mohammad Joesoef asal Padang.

Kemudian Marie mendirikan sekolah kebidanan pertama di Sumatera dan menjadi dokter pertama yang mengenalkan metode kontrasepsi baru di Indonesia seperti IUD.

Sebagai dokter perempuan pertama, semasa hidupnya Marie juga dikenal sebagai dokter pertama yang menangani program Keluarga Berencana (KB).

Dia juga sering membantu perempuan yang mengalami kesulitan dalam persalinan.

Itulah sekilas informasi mengenai Marie Thomas yang merupakan dokter perempuan pertama di Indonesia.

Baca juga: Daftar UTBK 2022? Cek Prodi Paling Ketat di SBMPTN 3 Tahun Terakhir

 

Dengan segala kemudahan yang ada di era saat ini, generasi muda yang bercita-cita menjadi dokter bisa memilih jurusan Kedokteran di perguruan tinggi negeri maupun swasta yang jadi pilihanmu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com