Kompas.com - 04/04/2022, 06:16 WIB

KOMPAS.com - Profesi dokter menjadi profesi yang selalu dibutuhkan dari masa ke masa. Pasalnya ilmu yang dimiliki dokter sangat bermanfaat bagi masyarakat. Terlebih bagi masyarakat yang sedang sakit dan butuh pengobatan.

Ilmu kedokteran pun selalu mengalami perkembangan. Saat ini suatu penyakit setelah dideteksi, bisa ditangani cepat dengan ilmu kedokteran dan perlengkapan yang semakin canggih.

Saat ini perguruan tinggi juga sudah banyak yang menawarkan Fakultas Kedokteran. Baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. Siswa yang punya cita-cita menjadi dokter pun bisa dengan mudah memilih jurusan Kedokteran di kampus pilihannya.

Kondisi ini tentu berbeda di zaman dahulu dimana tidak semua rakyat Indonesia bisa sekolah, bahkan bisa mengenyam pendidikan dokter.

Baca juga: Indofood Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMK dan S1, Yuk Daftar

Dokter perempuan pertama di Indonesia

Tetapi tahukah kamu bahwa ada salah satu sosok yang merupakan dokter perempuan pertama di Indonesia.

Sosok tersebut adalah Marie Thomas. Melansir dari laman Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan (Unpas), Minggu (3/4/2022), Marie Thomas merupakan perempuan Minahasa yang lahir pada 17 Februari 1896.

Sosok dokter perempuan pertama yang berasal dari Indonesia, Marie Thomas merupakan dokter yang menekuni bidang obstetri, ginekologi dan fokus pada bidang kebidanan.

Semasa hidupnya, Marie Thomas harus berkompetisi dengan dokter laki-laki.

Baca juga: Ini 6 Nama Bakal Calon Rektor Itera Lampung Periode 2022-2026

Dia juga menjadi satu-satunya perempuan yang berhasil masuk Sekolah Pendidikan Dokter Hindia Belanda (STOVIA) yang notabene sekolah khusus laki-laki dan berhasil lulus pada tahun 1922.

Marie Thomas memulai praktik di RS Cipto Mangungkusumo yang saat itu bernama School of Training of Native Physicians (STOVIA).

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.