Kompas.com - 06/04/2022, 14:30 WIB

KOMPAS.com - Belum pernah terakreditasi sebelumnya, Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil meraih akreditasi A sekaligus mendapatkan nilai tertinggi nasional dibandingkan dengan perpustakaan perguruan tinggi lainnya.

Perpustakaan UNY yang berdiri pada tahun 1964 meraih akreditasi dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dengan raihan nilai 96,50 berdasarkan rapat antara reviewer dengan pejabat terkait.

Perjuangan Kepala UPT Perpustakaan UNY, Prof. Sulis Triyono dalam membawa Perpustakaan UNY meraih prestasi nyatanya tidak mudah.

Saat hendak mengajukan permohonan akreditasi pada Perpustakaan Nasional Republik Indonesia misalnya, Prof. Sulis sempat mendapat tantangan karena proses akreditasi dianggap merepotkan atau berbiaya mahal, namun dengan pendekatan humanis akhirnya manuver mulai Sulis mendapat dukungan.

Baca juga: Cerita Mahasiswi UNY Tetap Berprestasi di Tengah Keterbatasan Fisik dan Ekonomi

Ketika para pustakawan dan tenaga kependidikan mulai tune-in, Prof. Sulis berlari mengejar targetnya.

Bahkan, saat dirinya ditunjuk menjadi Kepala UPT Perpustakaan UNY, ia langsung memetakan potensi tempat kerjanya dengan analisis SWOT.

“Hasilnya ditemukan potensi yang cukup besar untuk bisa maju dan berkembang,” katanya dalam keterangan tertulis UNY, Rabu (6/4/2022).

Koleksi 230.000 judul buku dan jurnal

Prof. Sulis menjelaskan bahwa hingga saat ini UNY sudah memiliki koleksi hingga 230.000 judul buku maupun jurnal yang dihasilkan UNY.

Menurutnya, peran perpustakaan sangat vital dalam membersamai mahasiswa dan dosen dalam rangka memenuhi kebutuhannya. Seperti kebutuhan akan buku maupun jurnal yang sesuai dalam penyelesaian tugas akhir atau penulisan jurnal ilmiah.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran 2022: UGM, UI, Undip, Unpad

Sulis menginformasikan bahwa UPT Perpustakaan UNY telah berlangganan Scopus yang diikuti oleh 5500 publisher dengan lebih dari 25.000 judul jurnal dengan jutaan artikel yang bisa diunduh secara gratis.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.