Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Bidang Ilmu ITS Masuk 500 Besar QS WUR by Subject 2022

Kompas.com - 07/04/2022, 07:03 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Quacquarelli Symonds (QS) World University Rankings (WUR) by Subject baru saja merilis hasil pemeringkatan universitas dunia berdasarkan bidang keilmuan tahun 2022, Rabu (6/4/2022).

Dalam pemeringkatan kali ini, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil meningkatkan peringkatnya pada kategori Engineering & Technology.

Manajer Senior Urusan World Class University ITS Rulli Pratiwi Setiawan mengatakan, terdapat total 51 bidang keilmuan yang dikelompokkan ke dalam lima Broad Subject Areas.

Yaitu Art & Humanities, Engineering & Technology, Life Sciences & Medicine, Natural Sciences, dan Social Sciences & Management dalam QS WUR by Subject.

Baca juga: Daftar Sekolah Kedinasan STMKG 2022, Cek Jumlah Formasi dan Syaratnya

Dalam kriteria penilaian, QS WUR by Subject untuk Broad Subject Area kali ini mempunyai lima indikator penilaian. Yaitu Academic Reputation, Employer Reputation, Citations per Paper, H-Index Citations, dan International Research Network (IRN).

"IRN merupakan indikator baru di tahun ini untuk Broad Subject Area," kata Rulli seperti dikutip dari laman ITS, Kamis (7/4/2022).

ITS peringkat 277 kategori Engineering & Technology

Dosen Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ITS ini menjelaskan, bobot masing-masing indikator pada QS WUR by Subject untuk Broad Subject Area bervariasi.

Untuk kategori Engineering & Technology, bobot masing-masing indikator adalah 40 persen untuk Academic Reputation, 30 persen untuk Employer Reputation, 10 persen untuk Citations per Paper, 10 persen untuk H-Index Citations, dan 10 persen International Research Network.

Baca juga: Fresh Graduate, Ini Tips Sukses Hadapi Wawancara Kerja

Dalam rilis QS WUR by Subject 2022, ITS berhasil menempati peringkat 277 untuk Broad Subject Area kategori Engineering & Technology.

"Peringkat ini meningkat tajam dari hasil QS WUR by Subject 2021 sebelumnya. Tahun lalu ITS berada pada peringkat 401 – 450," ungkap alumnus ITS ini.

Engineering & Technology terbagi dalam 4 bidang keilmuan

Adapun untuk kategori Engineering & Technology terbagi dalam empat bidang keilmuan yang lebih spesifik (Narrow Subject Area), yaitu Computer Science & Information System, Mechanical Engineering, Electrical & Electronic, dan Chemical Engineering.

"Pada keempat bidang keilmuan tersebut, ITS berhasil masuk dalam 500 besar QS WUR by Subject 2022," imbuhnya.

QS WUR by Subject dalam Narrow Subject Area mempunyai bobot penilaian yang berbeda untuk tiap indikator di masing-masing bidang keilmuan.

Namun, untuk seluruh jenis bidang keilmuan yang ada dalam lingkup Engineering & Technology mempunyai bobot yang sama untuk tiap indikator.

Yaitu 40 persen untuk Academic Reputation, 30 persen untuk Employer Reputation, 15 persen untuk Citations per Paper, dan 15 persen untuk H-Index Citations.

Baca juga: Pakar Unair Ungkap Penyebab dan Cara Cegah Speech Delay pada Anak

Mechanical Engineering

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com