Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/04/2022, 11:16 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas sempat dihentikan karena adanya lonjakan kasus positif Covid-19 namun saat ini sekolah sudah mulai melaksanakan PTM lagi.

Meski saat ini kasus positif Covid-19 relatif melandai, namun siswa yang mengikuti PTM terbatas harus selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Bagi siswa di jenjang SMP atau SMA relatif sudah bisa disiplin dalam penerapan prokes. Namun siswa di jenjang PAUD dan SD masih harus senantiasa diingatkan dalam penerapan prokes.

Disiplin menerapkan prokes selama PTM ini juga menjadi kunci sukses agar tidak terjadi penularan Covid-19 di lingkungan sekolah.

Baca juga: J Resources Buka Lowongan Fresh Graduate Development Program

Melansir dari Instagram Paudpedia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Minggu (10/4/2022), ada cara untuk membiasakan anak mematuhi prokes di masa pandemi Covid-19.

Cara membiasakan anak patuhi prokes

1. Orangtua membiasakan kepada anak untuk selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir.

Selain mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, anak juga bisa menggunakan hand sanitizer agar mencegah penularan virus.

Baca juga: Daftar 22 Sekolah Kedinasan Kemenhub 2022, Ini Syarat dan Biayanya

2. Di masa pandemi menjaga jarak sangat penting ketika anak sedang melakukan aktivitas terlebih saat bersama teman-temannya.

Agar anak tidak tertular virus corona, orangtua perlu meningkatkan pengawasan untuk menjaga kesehatan anak.

3. Membiasakan untuk selalu memakai masker saat di sekolah atau di luar rumah. Walau anak tidak suka memakai masker orangtua hendaknya tetap mengajak dan membiasakan untuk selalu memakai masker.

Baca juga: Begini Anjuran Minum Air Putih Selama Puasa dari Akademisi Unpas

Sebagai orangtua, agar tetap tenang saat anak mengikuti PTM terbatas di sekolah atau berkegiatan lainnya di luar rumah, ada tips yang bisa diterapkan. Tips ini bisa diterapkan saat berada di sekolah maupun di rumah.

Saat berada di sekolah, guru bisa memberikan pemahaman kepada anak tentang pentingnya menjaga jarak ketika masa pandemi Covid-19 ini melalui kegiatan bermain-belajar. Baik melalui diskusi maupun menjadikan topik dalam kegiatan bermain-belajar.

Saat berada di rumah, anak dapat diajak mengobrol, menonton video tentang protokol kesehatan dan lain-lain.

Selain itu juga bisa dengan memberi simbol berupa gambar menarik sebagai tempat untuk anak duduk atau berdiri di lingkungan sekolah.

Orangtua dan guru juga diharapkan menjadi contoh bagi anak untuk menguatkan pembiasaan menjaga jarak pada anak usia dini.

Baca juga: Beasiswa S1 Universitas Pertamina bagi Influencer dan Siswa Daerah Tertinggal

Demikian cara membiasakan anak patuh terhadap prokes saat ada pandemi Covid-19. Baik guru maupun orangtua bisa mencoba cara ini agar tetap tenang saat anak beraktivitas di sekolah maupun saat di luar.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com