Kompas.com - 11/04/2022, 13:15 WIB

KOMPAS.com - Bisa menempuh pendidikan di luar negeri saat ini bisa digapai semua mahasiswa. Asal mau berjuang dan berusaha, kamu bisa merasakan kuliah di luar negeri dengan mendaftar program beasiswa.

Apalagi saat ini banyak progam beasiswa yang menawarkan pembiayaan penuh termasuk biaya hidup selama menempuh pendidikan di luar negeri.

Selain memanfaatkan program beasiswa, kamu juga bisa kuliah di luar negeri dengan biaya mandiri.

Bagi kamu yang mau kuliah di luar negeri dengan biaya sendiri, ada beberapa negara yang biaya hidupnya cukup tinggi lho.

Baca juga: Status PTN-BH, Rektor Unand Pastikan Tidak Ada Kenaikan UKT di 2022

Melansir dari akun Instagram sebuah lembaga kursus bahasa Inggris yang berpusat di Kediri, Jawa Timur, @titiknolenglish, Senin (11/4/2022) memberikan informasi mengenai negara dengan biaya hidup mahal. Sehingga jika berencana kuliah di negara ini harus membuat anggaran terperinci selama menempuh pendidikan. Yuk simak bersama 5 negara dengan biaya hidup mahal bagi mahasiswa:

1. Swiss

Siapa yang tidak kenal dengan kota Zurich di Switzerland. Kota yang terkenal dengan pemandangannya ini merupakan salah satu kota dengan biaya hidup termahal di Eropa.

  • Biaya akomodasi per bulan diperkirakan sebesar 500-850 CHF atau sekitar Rp 7 juta hingga Rp 11,8 juta.
  • Biaya makan per bulan: 200-350 CHF atau berkisar Rp 3-Rp 5 juta.

Meski biaya hidup di Swiss mahal namun gaji pekerja di negara ini juga tinggi. Sehingga menjadi pekerja part time sambil kuliah bisa menjadi solusi bagi kamu yang berencana kuliah di Swiss.

Baca juga: 20 PTN Terbaik Versi SIR 2022, Kampus Incaranmu Urutan Berapa?

2. Norwegia

Memiliki salah satu sistem pendidikan terbaik di dunia menjadi alasan bagi siswa internasional memilih Norwegia sebagai negara untuk melanjutkan pendidikan. Namun biaya hidup di Norwegia juga terbilang mahal.

  • Biaya akomodasi per bulan: 13.100 NOK atau berkisar Rp 21 juta.
  • Biaya makan per porsi 180 NIK atau berkisar Rp 200.000.

Di Norwegia pelajar internasional diperbolegkan untuk bekerja selama 20 jam per minggu. Ini bisa menjadi solusi bagi kamu untuk menambah pendapatan selama kuliah di Norwegia.

3. Islandia

Negara yang terkenal dengan iklimnya yang dingin dan juga fenoma aurora ini merupakan negara di Eropa yang memiliki biaya hidup mahal.

Baca juga: J Resources Buka Lowongan Fresh Graduate Development Program

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.