Kompas.com - 12/04/2022, 17:31 WIB

KOMPAS.com - Puasa tak hanya sekadar ibadah. Menjalankan puasa juga memberikan banyak manfaat bagi anak-anak usia sekolah, khususnya jenjang Sekolah Dasar (SD).

Ditektorat Sekolah Dasar Kemendikbud Ristek memaparkan sejumlah manfaat yang didapatkan anak saat mulai belajar untuk berpuasa di bulan Ramadan.

"Puasa memiliki banyak manfaat loh. Meskipun terasa berat, tapi manfaatnya banyak juga ya #Sahabat," tulis laman Ditektorat Sekolah Dasar Kemendikbud Ristek.

Baca juga: Belajar dari Orangtua Jepang Cara Menanamkan Disiplin pada Anak

Berikut manfaat yang bisa didapatkan anak:

1. Mengajarkan anak untuk disiplin

Sikap disiplin pada anak tidak serta merta muncul begitu saja, tetapi harus dilatih sedini mungkin.

Selama puasa, orangtua dapat mengajarkan anak untuk terbiasa disiplin, seperti kapan harus sahur, ibadah, belajar dan juga berbuka. Termasuk belajar apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama berpuasa.

Kebiasaan tersebut akan membuat anak mengerti tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan serta mampu menghargai peraturan yang berlaku.

2. Mengajarkan anak terbiasa mengendalikan diri dan bersabar

Sama seperti disiplin, anak juga harus berlatih sikap mengendalikan diri, salah satunya dengan berpuasa.

Selama berpuasa, anak akan berlatih untuk menahan keinginan makan dan minum, mulai dari terbitnya matahari hingga tenggelamnya matahari.

Menunggu waktu berbuka ini bisa menjadi cara anak belajar bersabar, termasuk momen bagi orangtua untuk menanamkan arti kesabaran.

Baca juga: Tanpa Hukuman, Ini Cara Sukses BPK Penabur Latih Kedisiplinan Siswa

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.