Kompas.com - 13/04/2022, 13:09 WIB

KOMPAS.com - Siapa yang tak kenal buah pisang? Pisang punya banyak nutrisi baik yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Memakan buah pisang bisa mengatasi anemia, menyehatkan tulang, memperlancar metabolisme dalam tubuh dan banyak manfaat lainnya.

Pisang memiliki banyak jenis dan ukuran. Warna buah pisang pun berbeda-beda sesuai tingkat kematangan buahnya.

Memakan buah pisang juga tergantung selera seseorang. Ada yang memakan pisang saat berwarna kuning, ada pula yang lebih suka makan pisang saat berwarna hijau kekuning-kuningan.

Baca juga: Berapa Batas Usia Daftar Sekolah Kedinasan 2022? Simak Infonya

Guru Besar Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Ahmad Sulaeman mengatakan, warna kulit pisang menunjukkan tingkat kematangan buahnya.

"Selama proses kematangan buah ini juga terjadi perubahan komposisi gizinya," kata Prof. Ahmad Sulaeman seperti dikutip dari kanal YouTube IPB TV, Rabu (13/4/2022).

Dia menerangkan, saat kulit berwarna hijau, pisang memiliki kandungan gizi berupa pati, gula rendah dan mengandung prebiotik.

Semakin meningkat kematangan pisang, lanjut Prof. Ahmad, kandungan gula meningkat dan pati menurun. Namun di sisi lain pisang yang makin matang mengandung serat dan antioksidan tinggi.

"Saat pisang makin kuning tua dan memiliki bintik coklat. Kandungan TNF atau Tumor Necrosis Factor yang justru meningkat," ungkap Prof. Ahmad.

Sehingga pisang yang matang dengan bintik coklat bagus dikonsumsi orang yang sedang masa penyembuhan tumor atau kanker.

Baca juga: Mahasiswa, Ini Waktu yang Tepat Berolahraga Saat Puasa

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.