Kompas.com - 19/04/2022, 10:01 WIB
|

KOMPAS.com - Mahasiswa kini tak sekedar hanya menuntut ilmu saja di bangku kuliah. Tetapi juga harus bisa mengembangkan skill, salah satunya berwirausaha.

Bahkan, ada pula yang didorong untuk mendirikan startup. Seperti pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Guna memfasilitasi hal tersebut, FEB UNS mengadakan sejumlah acara, salah satunya webinar bertajuk “Merintis Startup Saat Masih Kuliah, Kenapa Enggak?” secara daring pada Jumat (8/4/2022).

Baca juga: Pakar UNS: 3 Aspek Bahasa Indonesia Lebih Layak Jadi Bahasa Kedua ASEAN

Menurut Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FEB UNS, Prof. Dr. Izza Mafruhah S.E., M.Si., pihaknya sangat mendukung para mahasiswa untuk dapat mengembangkan startup sejak kuliah.

Karenanya, webinar ini merupakan salah satu cara untuk mendukung mahasiswa dapat mendirikan startup.

Dikatakan, mahasiswa kini tidak perlu khawatir mengenai pendanaan karena FEB akan membantu mencarikan dana. Namun, startup yang akan mendapat pendanaan harus melewati seleksi tertentu.

"Kami berharap mahasiswa di FEB UNS bisa melaksanakan kegiatan-kegiatan yang produktif, apalagi sekarang peluangnya luar biasa," ujarnya dikutip dari laman UNS, Senin (18/4/2022).

Adapun narasumber webinar ialah Kepala Divisi Startup dan Inkubasi UNS, Catur Sugiarto, S.E., M.S.M., Ph.D., Doktor muda lulusan Aix Marseille University, Prancis.

Menurut dia, startup merupakan salah satu sarana yang dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa untuk berwirausaha. Catur menilai mahasiswa memiliki potensi besar untuk mengembangkan startup.

Baca juga: UNS Bakal Syaratkan Kepesertaan JKN-KIS untuk Mahasiswa Baru

"Potensi yang dimiliki mahasiswa saat ini sangat besar dan startup saya kira menjadi satu istilah dan model bisnis yang relevan di era saat ini, di era digital, di era pandemi untuk menjadi solusi permasalahan berbagai pihak," terang Catur.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.