Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Pink Moon Terjadi? Ini Kata Peneliti BRIN

Kompas.com - 19/04/2022, 11:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Fenomena Blood Moon dan Super Blood Moon, mungkin sudah familiar bagi masyarakat.

Namun bagaimana dengan fenomena Bulan Merah Jambu atau Pink Moon? Di bulan April 2022, fenomena Pink Moon muncul dan menjadi pembahasan tersendiri.

Peneliti Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN, Andi Pangerang, mengungkapkan awal mula Pink Moon muncul.

Ia mengatakan, menurut almanak petani di Amerika Serikat, purnama di bulan April ini bertepatan dengan tumbuhnya bunga phlox atau semacam Geranium yang berwarna merah jambu.

Baca juga: 8 Hutan Paling Seram di Dunia, Salah Satunya di Indonesia

“Bunga ini (phlox) hanya tumbuh di benua Amerika, sehingga warna pink bukan merujuk pada purnama yang berwarna pink melainkan fenomena musim yang mencirikan purnama tersebut. Setiap purnama memiliki namanya masing-masing disesuaikan dengan musim yang terjadi saat itu,” katanya dilansir dari laman BRIN.

Dari lima fase bulan di atas, pink moon ini sudah memasuki bulan purnama di mana seharusnya kita dapat melihatnya secara penuh bentuk bulatnya.

Setelah melewati semua fase bulan purnama, selanjutnya akan memasuki seperempat ketiga sebelum memasuki bulan baru.

Puncak terjadinya Pink Moon ini pada Minggu (17/4/2022) sekitar pukul 01.54.58 WIB atau 02.54.58 WITA atau 03.54.58 WIT, sehingga fenomena ini dapat disaksikan sejak Sabtu malam, sekitar 16-18 menit sebelum Matahari terbenam.

Andi menjelaskan, untuk kota Merauke, Pink Moon sudah dapat disaksikan sejak pukul 17.17 WIT sedangkan di kota Sabang, Pink Moon baru dapat disaksikan sejak pukul 18.30 WIB.

Pink Moon dapat disaksikan selama 12 jam 12 menit (kota Sabang) hingga 12 jam 32 menit (kota Merauke).

Baca juga: Daftar PKN STAN, Ini Syarat Minimal Nilai UTBK 2022, Rapor dan Ijazah

Pink Moon ini, juga disebut sebagai Purnama Paskah karena beriringan dengan Hari Raya Paskah Minggu bagi umat Kristiani maupun Hari Raya Pesakh bagi umat Yahudi.

Pink Moon dapat disaksikan di seluruh Indonesia sejak Sabtu (16/4/2022) pukul 17.17 WIT hingga pukul 06.49 WIT keesokan harinya untuk lokasi paling awal (kota Merauke).

Lalu sejak pukul 18.30 WIB hingga pukul 18.42 WIB keesokan harinya untuk lokasi paling akhir (kota Sabang). Arahnya dari timur ke barat, transit di zenit untuk lintang 7°-8°LS, di selatan untuk 6°LU-7°LS dan di utara untuk 8°-11°LS.

Pink Moon terjadi setiap bulan April sedangkan purnama paskah terjadi setiap menjelang hari raya paskah dan tidak selalu jatuh bertepatan dengan Pink Moon, bisa juga bertepatan dengan Worm Moon di bulan Maret.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com