Kompas.com - 06/05/2022, 09:27 WIB

KOMPAS.com - Membuka usaha menjahit di rumah, barangkali tidak sekeren usaha rumahan lainnya, seperti coffee shop atau franchise.

Akan tetapi, ternyata peluang usaha jahitan di rumah ini cukup menjanjikan. Bahkan, banyak brand terkenal di media sosial dibangun dari usaha jahit rumahan.

Membangun usaha dari menjahit, bukan cuma asal pasang jasa di media sosial. Ada kiat-kiat yang harus dipahami sebelum membuka usaha ini.

Piken Manisdanuratih, alumni LKP Ismia Karanganyar, Jawa Tengah, sudah membuktikannya.

Baca juga: Ini 3 Cara Menyimpan Masakan Sisa Lebaran, Segera Coba

Dengan modal benang dan ritsleting, serta kompetensi menjahit saat kursus, Piken kini bisa mendulang rupiah sembari mengurus anak-anaknya di rumah.

"Usaha menjahit itu cocok untuk perempuan karena bisa sambil mengurus keluarga di rumah. Tetapi, tetap bisa punya penghasilan untuk membantu ekonomi keluarga," kata Piken, dilansir dari laman Vokasi Kemendikbud Ristek.

Menurut Piken, sepanjang dilakukan secara tekun maka usaha menjahit cukup menjanjikan.

Lalu, apa saja hal yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha membuka jahitan rumahan ini? Berikut tips membuka usaha menjahit yang dibagikan oleh Piken:

1. Siapkan niat yang kuat dan harus percaya diri

Terkadang, meski memiliki kemampuan menjahit, namun jika tidak ada kemauan maka usaha jahitan rumahan hanya akan menjadi angan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.