Kompas.com - 14/05/2022, 13:37 WIB
|

KOMPAS.com - Libur Lebaran 2022 telah usai, kini siswa harus kembali menjalani pembelajaran di sekolah. Tentu dibutuhkan semangat agar dapat belajar dengan nyaman.

Namun, ketika liburan kemarin terkadang membawa dampak kuran baik bagi tubuh. Salah satunya adalah adanya penyakit tidak menular.

Sebelum pandemi penyakit tidak menular adalah penyakit katastropik dengan penyebab kematian tertinggi di Tanah Air.

Baca juga: Manfaat Olahraga bagi Lansia ala Mahasiswa FIK UNY

Beberapa contoh dari penyakit tidak menular seperti jantung koroner, kanker, diabetes melitus dengan komplikasi, hipertensi, gagal ginjal, dan sebagainya.

Penyakit-penyakit tersebut padahal bisa dikurangi risikonya dengan melakukan aktivitas fisik. Aktivitas fisik yang dimaksud adalah setiap gerakan tubuh yang meningkatkan pengeluaran energi dan pembakaran energi.

Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Rabu (11/5/2022), berikut ini aktivitas fisik yang terbagi ke dalam beberapa jenis seperti:

1. Aktivitas fisik harian

Aktivitas fisik harian adalah kegiatan sehari-hari yang biasa siswa SMP lakukan. Meskipun tidak sebesar latihan fisik dan olahraga, aktivitas fisik harian bisa membakar kalori yang cukup, seperti:

  • menyapu
  • mengepel
  • mencuci baju
  • berkebun
  • berjalan kaki ke sekolah dan sebagainya

Baca juga: Guru Besar UNY: Ingin Sehat, Budayakan Konsumsi Rendah Minyak

2. Latihan fisik

Sedangkan latihan fisik adalah aktivitas yang dilakukan secara terstruktur dan terencana misalnya adalah jalan kaki, joging, push up, peregangan, senam aerobik, bersepeda, dan sebagainya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.